Skip to main content
Wabup Karo Akan Kembalikan 682 Hektar Kawasan Mbal-mbal Nodi
Wabup Karo Akan Kembalikan 682 Hektar Kawasan Mbal-mbal Nodi

Wabup Karo Akan Kembalikan 682 Hektar Kawasan Mbal-mbal Nodi

Karo,TuntasOnline.com - Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting tinjau kawasan pengembalan ternak  Nodi yang berada di Desa Mbal-mbal Petarum Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Selasa (11/01/2022)

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting mengatakan, bahwa lahan yang sering disebut Mbal-mbal Nodi ini memiliki luas 682 hektar, namun diketahui  sebagian besar sudah dialih fungsikan menjadi lahan pertanian. 

Pemkab Karo akan mengembalikan  ke fungsi awal peruntukan lahan ini untuk pengembalaan ternak, dengan berpegang kepada Perda 03 Tahun 2021, dimana semua masyarakat akan memiliki hak yang sama untuk pengembalaan ternak di lahan perjalangen Nodi ini dengan mengikuti peraturan dan regulasi yang ada, tandasnya.

"Kita berharap semua lapisan masyarakat dapat mendukung program pemerintah Kabupaten Karo sehingga semua lapisan masyrakat dapat merasakan manfaat dari lahan pemgembalaan Nodi ini. "ungkap Wabup.

Sementara itu, anggota DPRD Karo Sipken Ginting, terkait perda 03 tahun 2021 atas Lahan Perjalangen (pengembalaan )mbal-mbal Nodi tersebut, meminta Pemkab Karo agar membuat aturan yang tegas terkait tapal batas area penggembalaan ternak dengan petani, mbal mbal Nodi, sehingga kedepannya tidak menimbulkan permasalahan baru dikemudian hari antara petani dan peternak di kawasan tersebut.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Karo, Kepala Bapeda Nasib Sianturi, Kadis Pertanian Metehsa Karo-Karo Purba, Kadis PUPR Edward Sinulingga, Kakan Satpol PP Hendrik Tarigan, mewakil Kapolsek dan Danramil Laubaleng.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size