Skip to main content
Lampaui Ratusan Kepala Daerah, Walikota Helmi Akan Dapat Trofi dan Piagam AK – PWI di HPN 2022 Kendari
Lampaui Ratusan Kepala Daerah, Walikota Helmi Akan Dapat Trofi dan Piagam AK – PWI di HPN 2022 Kendari

Lampaui Ratusan Kepala Daerah, Walikota Helmi Akan Dapat Trofi dan Piagam AK – PWI di HPN 2022 Kendari

Bengkulu, Tuntasonline.com– Walikota Bengkulu Helmi Hasan mencatatkan sejarah di ajang Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang. Pasalnya, dari kurang lebih dari 500 kepala daerah yang ikut serta, baik itu Bupati/Walikota, Helmi Hasan beserta 9 Kepala Daerah yang terpilih dan dinobatkan menjadi yang terbaik.

Helmi dan 9 Kepala Daerah lainnya pun sudah mengikuti berbagai rangkaian tim juri Nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang berlangsung di kantor PWI pusat, di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, pada 15-16 Desember kemarin.

Tim juri terdiri dari para ahli dibidangnya, diantaranya ialah Ninok Leksono (Wartawan Senior Kompas dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Nungki Kusumastuti (Dosen Institut Kesenian Jakarta, penari, bintang film), Agus Dermawan T (Penulis buku kebudayaan dan seni, pengamat seni rupa), Atal S.Depari (Ketua Umum PWI Pusat, Wartawan), dan Yusuf Susilo Hartono(Pengurus PWI Pusat, Wartawan, dan Pelukis).

Setelah melakukan penilaian proposal, video, link-link terkait, termasuk lampiran PPKD (Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah), hingga presentasi dan tanya jawab langsung dengan 10 nomine Anugerah Kebudayaan, dalam hal ini Bupati/ Walikota, maka pada rapat akhir, Kamis (16/12/2022) di Kantor PWI Pusat Jakarta, Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI untuk Bupati/ Walikota pada HPN 2022, dengan mengacu pada kriteria penilaian yang ada, memutuskan Walikota Bengkulu Helmi Hasan berhak menerima trofi dan piagam penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI pada puncak perayaan HPN di Kendari, Sulawesi Tenggara, tanggal 7-9 Februari 2022 mendatang.

Disini, Walikota Bengkulu Helmi Hasan telah menjabarkan proposal tentang transformasi tradisi ‘Belungguk’ menuju perilaku baru dan hal inilah yang menarik perhatian para juri, sehingga berbagai pujian dilayangkan untuk Helmi.

Tim juri juga berharap, dengan penghargaan ini, Bupati/Walikota di tanah air termotivasi untuk lebih giat dalam memajukan kebudayaan nasional di daeranya masing-masing untuk Indonesia.

Kabar baik ini pun dibenarkan langsung oleh Kepala Bapelitbang Firman Romzie saat diwawancara via telepon, Jumat (17/12/2021) pagi.

“Ya, alhamdulillah pak Walikota mendapatkan hasil terbaik dari para juri. Insya allah ini akan menjadi motivasi kita untuk lebih baik ke depannya dengan berbagai capaian untuk Walikota Helmi maupun Kota Bengkulu,” ujar Firman.

Kata Firman, Walikota Helmi juga mendapat apresiasi yang luar biasa dari para juri saat memaparkan jawaban yang dilayangkan untuknya.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar, bahkan Pak Helmi diapresiasi para juri,” jelas Firman.

Untuk penyerahan trofi dan piagam akan di lakukan pada HPN 2022 di Kendari.

“Jadi begini, dari 10 nominasi itu memang tak ada juara 1, 2 atau seterusnya. Karena semuanya berhak mendapatkan trofi dan piagam, karena mereka telah menjadi terbaik dan menyingkirkan 500-an peserta lainnya. Untuk penyerahannya akan berlangsung di Kendari nanti pada HPN 2022. Disini juga kita diminta menyiapkan buku dan akan kita siapkan sebagai pendukungnya,” pungkas Firman. 

Facebook comments

Berita Terkait

Adsense Google Auto Size