Skip to main content
Kasus Covid 19 Menurun Kadinkes Batubara: Galakan Tasting Secara Massive Ke Masyarakat
Kasus Covid 19 Menurun Kadinkes Batubara: Galakan Tasting Secara Massive Ke Masyarakat

Kasus Covid-19 Menurun, Kadinkes Batubara: Galakan Tasting Secara Masif Ke Masyarakat

BATUBARA, Tuntasonline.com - Penekanan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Batubara mulai berdampak dengan adanya penurunan kasus terkonfirmasi positif dikalangan masyarakat.

"Secara umum di Kabupaten Batubara kasus positif Covid 19 masih terkendali, terhitung dari 05-19 Oktober 2021  kasus terkonfirmasi positif ditemukan hanya 1 kasus,"Kata drg. Wahid Khusairy selaku Kepala Dinas Kesehatan Batubara, Selasa (19/10/2021)

Dari hasil terkonfirmasi, ujar Wahid, sudah dilakukan tracking terhadap 15 orang kontak erat, selama 2 minggu tidak ditemukan adanya reaksi penularan Covid 19.

Pencapaian Vaksinasi sudah berada di 51% dengan sasaran lansia 47,5 % selebihnya kelompok usia 12 hingga 59 Tahun, terang Wahid.

Upaya penekanan penyebaran Covid 19 terus dilakukan dengan testing secara masive kepada masyarakat di daerah-daerah yang rentan terpapar Covid-19. 

"Untuk wilayah yang rentan terpapar kita melakukan tasting 4-5 sample masyarakat perhari disetiap puskesmas dan existesting kepada yang sudah di tasting. Kemudian melakukan tasting kepada tenaga kesehatan secara berkala,"jelasnya.

"Terkait itu diharapkan pada seluruh Puskesmas memberikan sample perharinya 4 kasus", harapnya.

Status PPKM yang masih berada di Level II,  wahid mengatakan, hal itu dikarenakan kemampuan tasting yang masih rendah jika dibandingkan dengan rumus 1/1000 penduduk.

"Hanya saja yang membuat Kabupaten Batu Bara masih berada di level II PPKM  adalah karena kemampuan tastingnya masih terbatas dengan rumus 1/1000 penduduk dengan jumlah 61 tasting orang perhari. Sedangkan kemampuan tasting saat ini sebanyak 34 tasting perhari. Inilah yang menyebabkan Kabupaten Batu Bara masih di Level II", tutupnya.(Zfn/TO).

Facebook comments

Adsense Google Auto Size