Skip to main content
Pemko Medan Bantu Renovasi Masjid Istiqomah
Pemko Medan Bantu Renovasi Masjid Istiqomah

Pemko Medan Bantu Renovasi Masjid Istiqomah

Sumatera Utara, TuntasOnline.com -Pemko Medan melaksanakan Safari Ramadan 1443 H di Masjid Istiqomah, Kecamatan Medan Sunggal, Kamis (14/4).

Dalam kegiatan itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Khairul Syahnan, menyerahkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk renovasi Masjid yang berlokasi di Jalan Beringin Gang Mushola, Kelurahan Sunggal tersebut.  

Selain dana bantuan yang diterima oleh Ketua BKM Istiqomah Miftahuddin itu, Pemko Medan juga menyerahkan Paket Sembako Ramadhan, anak yatim piatu di Kecamatan Medan Sunggal juga diberikan tali asih pada acara yang dimulai setelah Salat Asar itu. 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi Pembangunan,  mengajak meningkatkan amal saleh di bulan suci ini. "Sudah seharusnya kita makin giat beramal saleh, karena tidak ada jaminan kita masih akan di dunia pada Ramadan tahun depan,"imbuhnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Camat Medan Sunggul, jamaah, masyarakat, dan anak yatim piatu itu, Bobby Nasution juga menyampaikan program masjid mandiri yang diluncurkan Pemko Medan bertujuan untuk kemaslahatan umat Islam. Tahun yang lalu ada 1.115 masjid dan 653 musola yang terdapat di kota Medan. 
Jumlah ini cukup memadai untuk menjadikan masjid dan musola tersebut sebagai centrum kegiatan umat Islam. 

Menurutnya, selama ini cenderung ada paradigma yang memisahkan masjid hanya sebagai tempat beribadah namun abai dari kegiatan pemberdayaan umat. Paradigma itu harus diubah sehingga masjid dapat diberdayakan sebagai titik awal pemberdayaan ekonomi umat. Sejarah mencatat, tambahnya, sejak masa Rasullah masjid sudah diberdayakan sebagai centrum aktivitas.

"Untuk itu, para pengurus masjid harus memiliki kompetensi dan keimanan agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi jamaah. Selain itu, pengurus juga harus memiliki prinsip bahwa bukan hanya mengurus masjid, tapi juga harus melayani jamaah," tambahnya.

Pada bagian lain, Bobby Nasution juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan kendati kasus Covid-19 telah melanda negeri, kedisplinan dalam menerapkan protokol kesehatan ini merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi agar kondisi terus membaik. 

Safari Ramadan ini juga diisi tausyiah oleh ustad Dr. H. Zulheddi Lc., M.A. yang memaparkan tentang begitu bermaknanya puasa di bulan Ramadan ini. Dia menyebutkan, puasa termasuk amalan yang dapat memberikan syafaat pada hari kiamat kelak.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size