Skip to main content
Pemkab Bengkulu Utara Gelar Lomba Inovasi Daerah dan Melauncing Inovasi  Ge Aru
Pemkab Bengkulu Utara Gelar Lomba Inovasi Daerah dan Melauncing Inovasi Ge Aru

Pemkab Bengkulu Utara Gelar Lomba Inovasi Daerah dan Melauncing Inovasi Ge Aru

Bengkulu Utara, Tuntasonline.com – Bupati Bengkulu Utara diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Dr Haryadi SPd MM MSi membuka Lomba Inovasi Daerah, serta melaunching Inovasi Gerakan Aku Cinta Produk Bengkulu Utara (Ge Aru), di Halaman Dinas Koperasi dan UKM BU, Rabu (15/12/2021).

Sekdakab BU menjelaskan, Pemkab BU akan terus berupaya mendorong pemanfaatan Inovasi daerah dalam rangka mengatasi masalah dan mengembangkan potensi wilayah. Oleh karena itu, inovasi daerah yang berkembang melalui Instansi dan mahasiswa khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara harus terus dipacu dan dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.

“Pengembangan inovasi daerah ini sangat berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan potensi sumber daya manusia (SDM). Apalagi dalam menghadapi era globalisasi,” ungkapnya.

Melalui kegiatan Lomba Inovasi daerah  ini diharapkan akan mampu menjadi sebuah ajang dalam upaya mempromosikan hasil inovasi yang memang digunakan untuk kepentingan masyarakat khususnya di Bengkulu Utara.

Lebih lanjut Sekdakab BU, Haryadi mengungkapkan, bahwa masyarakat kabupaten Bengkulu Utara ini sudah kreatif, inovatif, masyarakat awam yang mampu menciptakan inovasi sehingga mampu menjadi trobosan produk lokalnya Bengkulu Utara, itu sebuah inovasi luar biasa.

“Kreativitas mengelola biji-bijian bisa menjadi obat-obatan, mengelola barang-barang bekas bisa jadi barang yang bernilai tinggi, tentunya saya bangga dengan karya-karya masyarakat dan anak-anak Bengkulu Utara ini yang tergabung di UMKM ini, lomba inovasi bisa menghasilkan produk yang kreatif dari masyarakat lokal,”ungkapnya.

Harzonzori selaku Ketua Asosiasi UMKM BU dan Insiator Ge Aru  menambahkan pemerintah daerah harus bersinergisitas membantu para UMKM wajib memberikan dukungan, memberikan motivasi kepada pelaku yang inovatif seperti ini.

Adapun pemenang  lomba inovasi daerah daerah kategori dinas instansi kabupaten Bengkulu Utara, juara I diraih Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara – Gerakan Serentak Kabupaten Bengkulu Utara Atasi Covid-19 (Gertakabusi Covid-19), Juara II diraih Dinas Komunikasi dan Informatika Kab BU- Digitalisasi LPPL Radio Kharisma Ratu Samban, Juara ke III Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPPA) – Aksi Cepat Tindakan Kasus Kekerasan (Sicepat Kera).

Harapan I diraih Dinas Penanaman Modal dan PTSP – Si Cantik Sistem Layanan Perizinan, Harapan II diraih Puskesmas Kemumu – Emak Atur Canting (Gemar Makan Telur Mencegah Stunting) dan Juara harapan III diraih Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik – Miruma (Miniatur Kerukunan Umat Beragama Bengkulu Utara).

Kegiatan acara tersebut  turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Kepala OPD se-BU, Perwakilan BRI Cabang Arga Makmur, tamu undangan, dan peserta lomba Inovasi Teknologi.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size