Skip to main content
Ilustrasi
Ilustrasi

Menggunakan Smartphone dengan Bijak dapat Membuat Smartphone Lebih Awet

Smartphone sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Setiap orang rasanya tidak bisa lepas dari smartphone. Apalagi di masa pandemi, pemakaian smartphone semakin meningkat saja. Smartphone menjadi kebutuhan utama untuk keperluan sekolah dan les, untuk meeting online saat WFH, untuk hiburan di rumah, dan sebagainya.

 

Banyak juga yang memakai sebagian besar waktunya untuk main game di smartphone. Baik itu game online yang diunduh gratis, yang berbayar, hingga game yang dimainkan di situs tertentu seperti betting online di M88 link.

 

Untuk keperluan apapun itu, memang saat ini smartphone telah semakin luas digunakan masyarakat dari semua lapisan dan segala usia. Sayangnya, jika tidak digunakan dengan bijak, alih-alih memberikan manfaat, justru smartphone dapat memberikan efek negatif. Baik itu efek negatif pada kesehatan, misalnya kesehatan mata, atau efek negatif terhadap perkembangan perilaku.

 

Karena itu, sangat penting untuk tetap mengendalikan pemakaian smartphone, dengan cara memakai smartphone dengan bijak. Selain akan menghindarkan pemakai smartphone dari efek negatifnya, memakai smartphone dengan bijak juga akan membuat smartphone menjadi lebih awet dan terawat. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjadi pemakai smartphone yang bijak? Ini dia beberapa tipsnya.

 

  • Gunakan aplikasi yang tepat dan bermanfaat

Banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di smartphone. Jangan cepat tergoda untuk mengunduh banyak aplikasi hanya karena aplikasi tersebut unik dan gratis. Pertimbangkan dulu apakah Anda benar-benar memerlukan aplikasi ini. Sebaiknya unduhlah hanya aplikasi yang akan memberikan manfaat dan menunjang aktivitas kita. Misalnya untuk kebutuhan kerja akan memerlukan aplikasi meeting online seperti Zoom, atau aplikasi yang akan membantu berolahraga, dan sebagainya.

 

  • Menghapus aplikasi yang jarang digunakan

Sesekali perhatikan kembali smartphone Anda, dan amati apakah ada aplikasi yang sebenarnya tidak begitu penting dan jarang digunakan. Hapuslah aplikasi ini untuk menghemat kapasitas memori smartphone. Mengunduh aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan smartphone menjadi cepat panas atau lelet.

 

  • Menggunakan smartphone di saat yang tepat

Pengguna smartphone yang bijak tentunya tahu kapan waktu yang tepat untuk memakai smartphone, dan kapan saat sebaiknya tidak menggunakannya. Misalnya saat berkendara, sebaiknya hindari menggunakan smartphone untuk keselamatan Anda. Atau saat sedang di tengah acara dengan orang banyak. Menggunakan smartphone dapat dinilai kurang sopan atau dapat mengganggu orang lain. Memakai smartphone di bioskop saat film sedang berjalan juga bisa mengganggu ketenangan penonton lainnya.

 

  • Tidak memakai smartphone sebelum tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa radiasi yang dipancarkan oleh smartphone saat digunakan dapat menyebabkan insomnia kepada penggunanya. Memakai smartphone sebelum tidur dapat membuat kita semakin sulit tidur atau sulit merasa kantuk. Padahal waktu tidur yang cukup itu penting sekali untuk kesehatan. Karena itu sebaiknya hindari menggunakan smartphone saat menjelang waktu tidur Anda.

 

  • Gunakan untuk hal yang bermanfaat

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan smartphone. Berbagai informasi penting dan menarik dapat kita ketahui hanya dengan ujung jari. Namun sebaliknya, banyak juga hal negatif atau tidak berguna yang bisa diakses dari smartphone. Karena itu, sebaiknya selalu selektif dalam penggunaan smartphone Anda. Gunakan untuk hal yang bermanfaat, misalnya untuk mengakses informasi untuk memperkaya pengetahuan. Fasilitas sosial media pada smartphone dapat digunakan untuk berbagi informasi yang bermanfaat dengan orang lain.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size