Skip to main content
Mekanisme Peraih Suara yang Sama Pilkades Perbaji Berikut Aturan UU-nya
Mekanisme Peraih Suara yang Sama Pilkades Perbaji Berikut Aturan UU-nya

Mekanisme Peraih Suara yang Sama Pilkades Perbaji, Berikut Aturan UU-nya

Karo,TuntasOnline.com - Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak Gelombang III Tahun 2021 Kabupaten Karo Selasa (30/11/2021 telah berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Dimana dalam pilkades serentak ini, ada 11 desa yang menggelar pilkades di Kabupaten Karo.

Namun, dari 11 desa yang mengelar pilkades, ada yang unik dan jarang terjadi. Dimana pilkades di Desa Perbaji Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo nomor urut 1 dan nomor urut 3 meraih jumlah suara yang sama.

Hal ini disampaikan salah seorang warga desa Perbaji Dedi Vernando Ginting kepada wartawan, Selasa (30/11) usai penghitungan suara dilaksanakan.

Ia menyampaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Perbaji  ada 436 Dpt.

Dari hasil penghitungan suara,
1.Ramadan pelawi :171
2.Jasmani Sitepu : 11
3.Irama br Pelawi : 171
Batal : 2 suara. Jadi, nomor urut 1 dan 3 sama- sama meraih 171 suara.

"Jadi, karena ada 2 kandidat meraih suara yang sama, pihak panitia pilkades Perbaji menyerahkan hasil tetsebut ku Panitia Pilkades Kabupaten untuk dilalukan lamgkah- langkah apa yang diambil pemkab," ujar Dedi.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas PMD yang juga sebagai Ketua Paniti Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Karo Abel Tarawai Tarigan, Selasa (30/11) pukul 18.40 WIB mengatakan, kalau ada perselisihan penghitungan suara di tingkat desa, dibawa ke Panitia Kabupaten untuk dicari solusi penyelesaian maksimal 30 hari kedepan sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 pasal 37 ayat 5 yang menyatakan,  Bupati/Walikota mengesahkan  calon kepala desa terpilih menjadi kepala desa paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal diterimanya penyampaian hasil pemilihan paniti pemilihan kepala desa dalam bentuk keputusan Bupati/Walikota.

"Dan pasal 6 mengatakan, dalam hal terjadi perselisihan hasil pemilihan kepala desa Bupati/Walikota wajib menyelesaikan perselisihan dalam jangka waktu sebagaimana yang dimaksud pada ayat 5. Dalam peraturan perundang- undangan tidak diatur pemilihan ulang bila terjadi calon meraih suara yang sama, "Pungkas Kadis DPMD Kabupaten Karo.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size