Skip to main content
Sumber: Pexels.com - @naimbic
Sumber: Pexels.com - @naimbic

Manfaat dan Cara Menyimpan Kurma Agar Tetap Awet

Memasuki bulan Ramadan tahun ini tentu kita harus mempersiapkan diri untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Selain itu, ada beberapa hal yang sangat identik dengan bulan suci ini, yaitu menyantap  buah kurma.

Tidak hanya rasanya yang manis, buah kurma terkenal dengan manfaatnya yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ini merupakan buah tertua di dunia yang kebanyakan ditanam di Timur Tengah.

Agar bisa menikmati khasiat buah ini dalam jangka panjang, ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan dalam menyimpannya. Salah satunya kurma dapat disimpan di dalam kulkas  dengan kemasan yang tertutup. Bukan hanya itu saja, berikut tips menyimpan kurma agar tahan lama.

Cara Menyimpan Kurma Agar Awet

Menyimpan di Dalam Kulkas

Kurma termasuk buah yang mempunyai daya tahan yang cukup lama. Anda bisa menyimpan kurma jenis kering selama 3-6 bulan pada suhu ruangan. Penyimpanan pada kulkas juga akan membuat kurma tahan hingga 1 tahun, akan tetapi teksturnya akan menjadi keras.

Lain halnya dengan kurma basah yang bisa Anda simpan di dalam kulkas tanpa terlalu khawatir teksturnya berubah. Hal ini terjadi berkat kandungan air yang lebih tinggi pada kurma basah dibandingkan kurma kering. Namun, disarankan untuk menyimpannya di dalam freezer.

Gunakan Wadah yang Tertutup dan Bersih

Ada kesamaan dalam menjaga kedua jenis kurma ini agar tetap bertahan lama, yaitu Anda bisa menggunakan wadah yang telah dibersihkan dengan air terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dan ditutup hingga rapat.

Penggunaan wadah ini bertujuan agar kualitas kurma tetap baik untuk dikonsumsi. Selain itu, plastik kedap udara juga bisa dijadikan alternatif wadah untuk menyimpan kurma. Hindari menyimpan di dalam kardus karena dapat mencemarkan kurma melalui celah-celah yang ada.

Hindari Kurma Basi

Sebagai pembeli, kita bisa menghindari kurma yang hampir basi dengan cara melihat masa kadaluwarsa pada kemasannya. Mengetahui tanggal kedaluwarsa kurma juga bertujuan untuk mengetahui berapa lama buah ini dapat kita simpan.

Apabila Anda ingin membeli kurma kiloan, jangan lupa untuk menanyakan kepada si pedagang. Jika takut tertipu akan kesegaran kurma yang dijual, Anda dapat menentukannya dari bau yang tercium dari kurma tersebut.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah kurma. Per 100 gramnya saja terkandung sekitar 280 kalori dan beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan masih banyak lagi. Oleh karena banyaknya kandungan gizi pada kurma, berikut manfaatnya pada tubuh manusia.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kurma mengandung beberapa antioksidan alami, seperti flavonoid dan fenolik yang berperan penting dalam pencegahan tumbuhnya sel kanker. Khasiat kurma telah diteliti dan terbukti dapat meningkatkan fungsi hati serta menghambat sel kanker hati.

Untuk mendapatkan khasiat kurma, Anda disarankan untuk mengonsumsi secukupnya, yakni antara 3-4 buah saja per hari. Jika dimakan secara berlebihan, justru akan menimbulkan penyakit karena tubuh menerima asupan gizi yang berlebih.

Mengontrol Tekanan Darah

Mungkin di antara kita ada yang mempunyai masalah tekanan darah, baik itu tekanan darah tinggi maupun rendah. Penyakit tekanan darah ini sendiri tidak bisa disembuhkan, melainkan bisa dikontrol agar tidak kambuh.

Salah satu caranya adalah mengonsumsi kurma yang mampu membantu mengontrol tekanan darah. Beberapa kandungan pada kurma yang berperan aktif adalah kalium, antioksidan, dan serat. Bagi orang yang menderita hipertensi juga dapat meredakan tekanan darah dengan kurma karena buah ini rendah garam.

Menjaga Kadar Gula Darah

Walaupun rasanya yang manis dan kadar gula juga cukup tinggi ternyata buah kurma masih aman bagi penderita diabetes. Rahasia di balik itu adalah indeks glikemik yang rendah sehingga mampu menghambat lonjakan kadar gula darah.

Namun, disarankan agar lebih aman untuk membatasi makanan dan minuman manis lainnya saat mengonsumsi kurma. Asupan gula yang terlalu banyak justru akan menimbulkan gula darah tinggi.

Pendukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Pakar mengatakan bahwa kurma bisa membantu perkembangan bakteri baik yang ada pada usus. Sementara usus memiliki peran penting dalam sistem pencernaan, di mana nutrisi makanan nantinya akan diserap sedangkan sisanya akan dibuang.

Mengonsumsi buah kurma sekitar 30 gram per hari terbukti sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare. Selain itu, kandungan buah ini dapat membersihkan usus dan mencegah risiko kanker usus.

Memberikan Kekuatan dan Kesehatan Tulang

Manfaat terakhir dari buah kurma adalah kandungannya dapat menguatkan tulang. Magnesium dan selenium pada kurma merupakan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang. Metabolisme tulang juga akan tetap terjaga dengan adanya vitamin K yang mengatur pembekuan darah. Untuk itu, buah kurma baik dikonsumsi oleh penderita osteoporosis secara rutin. Di samping tetap berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek sampingnya.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungannya yang dapat mencegah dari penyakit serta memberikan energi cocok untuk menemani menu sahur atau berbuka nantinya.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size