Skip to main content
Lima Pekerja Tertimpa Tanah Longsor di Desa Sugihen
Lima Pekerja Tertimpa Tanah Longsor di Desa Sugihen

Lima Pekerja Tertimpa Tanah Longsor di Desa Sugihen

Karo,TuntasOnline.com - 5 (lima) orang pekerja proyek pembangunan tanggul penanahan tanah (talud) dan saluran drainaise tertimbun tanah longsor di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumut Minggu,(26/09) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari 5(lima) orang pekerja yang tertimbun tanah longsor, 1 orang berhasil selamat namun menderita luka-luka dan patah tulang, sementara dari 4(empat) orang korban 1 orang diantaranya berhasil di evakuasi  ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Dan hingga saat ini 3(tiga) orang korban lagi masih tertimbun tanah dan belum  ter evakuasi dikarnakan medan yang sulit serta cuaca di lokasi dalam keadaan hujan.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala desa Sugihen Abdi Sembiring saat dihubungi wartawan melalui seluler.

Menurutnya, pihak rekanan sedang melakukan pekerjaan perbaikan penahan tebing dan pembangunan saluran pembuangan air dari desa, sebelumnya memang lokasi tersebut sudah pernah terjadi longsor maka dari itu diusulkan untuk dibangun tanggul penahan tanah dan saluran drainase. Namun tanpa disangka longsor kembali terjadi saat progres pengerjaan diperkirakan masih berkisar 60%,” Ujarnya.

“Adapun identitas para korban yang tertimbun tanah longsor dan hingga saat ini belum berhasil di evakuasi yaitu atas nama Rehan, (19) thn, alamat Tanah Seribu Binjai (pekerja). Rian, (21) thn, alamat Tanah Seribu Binjai (pekerja), Reza, (19) thn, alamat Tanah Seribu Binjai (pekerja),” Jelas kades

Lanjutnya lagi, “sementara 1 Orang korban tewas atas nama Agus (22) thn, alamat Tanah Seribu Binjai, Jenazahnya sudah berhasil dievakuasi oleh personil gabungan dari Koramil 02/TP, Personil Polsek Tiga panah, Petugas Kecamatan Dolat Rayat, personii BPBD/SAR, Pemerintah Desa Sugihen, pihak perusahaan rekanan dan dibantu warga untuk dibawa ke RSUD Kabanjahe.” Bebernya

Sementara itu Camat Dolat Rakyat Jimmy Tarigan saat dikonfirmasi awak media terkait musibah tanah longsor di wilayah kerjanya menyampaikan, sesuai dengan hasil musyawarah dengan Pemerintah Desa Sugihen, Camat Dolatrayat, Kapolsek Tiga Panah, Danramil Tigapanah dan tokoh masyarakat, maka untuk upaya evakuasi ke tiga korban yang belum berhasil ditemukan, akan dilanjutkan besok Senin 27/9/2021. Untuk diketahui bahwa personil Basarnas Medan sedang dalam perjalanan menuju desa Sugihen untuk membantu evakuasi besok. Berhubung tingkat kesulitan evakuasi secara manual, diharapkan kesediaan Kasatpol PP Karo mengirimkan 1 unit Damkar dan 1 unit kendaraan tanki air untuk upaya evakuasi besok.”Pungkas Camat Dolat Rakyat.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size