Skip to main content
Budidaya Tanaman Kentang Bertingkat Pemkab Karo Sabet Juara II Lomba Inovasi Perangkat Daerah
Budidaya Tanaman Kentang Bertingkat Pemkab Karo Sabet Juara II Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Budidaya Tanaman Kentang Bertingkat, Pemkab Karo Sabet Juara II Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Karo,TuntasOnline.com - Bupati Karo Cory  S Sebayang menerima piala dan piagam penghargaan atas prestasi Pemkab Karo yang meraih juara II dalam perlombaan Inovasi Perangkat Daerah Sumatera Utara tahun 2021 kategori OPD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Rabu (27/10).

Penyerahan piala dan piagam ini diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Karo Cory S Sebayang atas inovasi, BUDIDAYA KENTANG BERTINGKAT  melalui dinas Pertanian Kabupaten Karo yang berhasil meraih juara II dalam perlombaan Inovasi Perangkat Daerah Sumatera Utara tahun 2021 kategori OPD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebutkan salut dan bangga atas inovasi budidaya kentang bertingkat dari Kabupaten Karo yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan bibit kentang yang berkualitas di Sumatera Utara, khususnya  Kabupaten Karo.

Lanjut Gubernur menambahkan bahwa saya sudah datang mengunjungi dan melihat langsung proses budidaya kentang bertingkat ke Kelompok Tani Taruna Bina Tani di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo.

Sementara itu, Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan, tanaman kentang bertingkat ini dapat menghasilkan buah dari akar dalam tanah dan buah diatas plastik/mulsa penutup tanaman.

“Dengan inovasi ini, Pemerintah Kabupaten Karo berharap mampu menjadi penyedia bibit kentang yang berkualitas,” Imbuh Bupati Karo

Selain itu, Bupati Karo Cory  Sebayang juga  menyebutkan dengan capaian ini diharapapkan dapat memotivasi seluruh OPD di Kabupaten Karo untuk terus berinovasi dalam memajukan Kabupaten Karo dengan orientasi pelayanan bagi warga dan masyarakat Kabupaten Karo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Karo Metehsa Karo-Karo menyambut baik atas prestasi meraih juara Lii, namun bukan itu yang terpenting, tujuan Inovasi budi daya kentang bertingkat ini adalah supaya Kabupaten bisa mandiri benih, mempermudah mendapatkan benih kentang yg berkualitas, harga terjangkau.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat agar bisa melakukannya sendiri dengan binaan dari BPP wilayahnya, kami siap mendampingi kelompok. Hal ini lah yang terpenting bagi pemkab Karo untuk meningkat ekonomi masyarakat Karo. Dan kami akan terus mencoba inovasi lain khususnya di bidang Pertanian," Pungkas Kadistan.

Kepala Badan Litbang Kemendagri DR.Drs. Agus Fatoni, Msi, Dalam sambutannya menyampaikan,  mengapresiasi Inovasi tanaman kentang bertingkat, jadi kalau kita berinovasi itu tandanya kita bekerja. Untuk itu, saya menginginkan agar kabupaten dan provinsi lebih banyak lagi yang ikut berinovasi.

Turut hadir mendampingi Bupati Kari, Kadistan Kabupaten Karo Metehsa Karo - Karo,  Kabid penyuluhan, Kasi Tanaman Pangan dan Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Karo.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size