Skip to main content
Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dr E H Rosjonsyah
Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dr E H Rosjonsyah

Capaian dan Pencanangan Investasi Diapresiasi, Bengkulu Sabet Juara Tiga Nasional PPD 2021

Bengkulu, TuntasOnline.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu era Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dr E H Rosjonsyah mendulang Penghargaan Perencanaan Daerah (PPD) Tahun 2021.

Dalam Musrenbang 2021, Kementerian PPN/Bappenas memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 bagi daerah yang berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam rangka pencapaian pembangunan yang lebih baik.

T

Berikut Daftar Penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 :
- Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi :
1. Sumatera Barat
2. Jawa Barat
3. Bengkulu
- Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten :
1. Bangka
2. Banggai
3. Hulu Sungai Selatan
- Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota :
1. Semarang
2. Padang
3. Bandung
- Penghargaan Khusus Daerah di Bidang Inovasi Pembiayaan Alternatif Skema KPBU untuk Kota Pekan Baru
- Penghargaan Khusus Daerah di Bidang Ekonomi Hijau dan Rendah Karbon untuk Provinsi Bali.

Dalam Penuturannya, Gubernur Bengkulu menjelaskan bahwa pada PPD kali ini pihaknya mengangkat Tema Pertumbuhan dan Peluang Investasi di Bengkulu yang dipaparkan secara detail mulai dari letak geografis, potensi hingga capaian pertumbuhan investasi. Alhasil hal ini mendapat apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian PPN/Bappenas dengan menyabet Juara Terbaik Ketiga Nasional.

"Tahun ini kita mengangkat tema terkait dengan pertumbuhan dan peluang investasi di Bengkulu dari sisi perencanaan maupun pencapaian, Alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi sebagai Juara Terbaik Ketiga Nasional. Ini semakin meyakinkan bahwa Bengkulu suatu Provinsi kecil yang punya potensi dan peluang investasi yang sangat menjanjikan, baik dari sisi letak geografis yang ditunjang Pelabuhan Pulau Baai dan terkoneksinya Provinsi Bengkulu dengan kawasan tengah Pulau Sumatera melalui Tol sampai ke Palembang. Kemudian yang ketiga keberadaan posisi Provinsi Bengkulu di Lintas Barat Pulau Sumatera dan jarak tempuh dengan Jakarta cuma satu jam melalui pesawat udara," ujar Rohidin, Selasa (04/05/2021).

"Ini sekali lagi menjanjikan potensi strategis Bengkulu untuk menjadi tujuan investasi dan capaian ini bisa dilihat dengan pertumbuhan investasi dua tiga tahun terakhir. Sekaligus penghargaan ini sekali lagi mengukuhkan dan meyakinkan kita bahwa Provinsi Bengkulu bisa bangkit dan tumbuh menjadi sebuah Provinsi dengan segala perkembangan untuk kemajuan daerah," tuturnya.

Untuk diketahui, ini Penghargaan ini merupakan Penghargaan Kedua yang ditorehkan Bengkulu di Era Rohidin Mersyah. Sebelumnya di tahun 2020 mengangkat tema Potensi Pariwisata yang sukses menyabet Juara Kedua Nasional bersanding bersama Jawa Tengah di Juara Pertama dan Jawa Timur pada Juara Ketiga pada PPD 2020 tersebut.


"Kalau waktu PPD Tahun 2020 kemaren, itu kita menjelaskan bagaimana potensi pariwisata Bengkulu dalam konteks koneksitas alam, posisi geografis, dan potensi wisata budaya. Nah ini sekali lagi hasil rancangan dari Bappeda sebagaimana penerjemahan visi misi kami bangun sejak lima tahun lalu dan kita perkuat pada tahun 2021-2026 bersama Pak Rosjonsyah ini sekali lagi memposisikan Bengkulu sebagai Provinsi yang sangat berpeluang untuk menjadi Provinsi maju," katanya.

Diakhir penuturannya, Rohidin juga menyampaikan terima kasih atas sinergi dan kinerja jajarannya terkhusus yang berada di Jajaran Bappeda Provinsi Bengkulu.

"Dan memang menterjemahkan Visi Misi Kepala Daerah itu dibutuhkan memang para perencana yang betul-betul handal yang memahami tentang kontekstasi, kondisi eksisting dan masa lalu daerah. Kemudian bisa betul-betul membaca peluang akan datang dan didukung oleh kemampuan analisa data dan informasi yang akurat. Maka memang perencana terutama Bappeda betul-betul kuat dan bisa diterjemahkan oleh Dinas OPD terkait. Saya berterima kasih kepada teman-teman pejabat fungsional, perencana dan struktural yang ada di Bappeda," tutupnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size