Skip to main content
Tim Pembinaan Pemantauan Pelayanan Publik Provinsi Sumut Kunjungi Dukcapil Dairi
Tim Pembinaan Pemantauan Pelayanan Publik Provinsi Sumut Kunjungi Dukcapil Dairi

Tim Pembinaan Pemantauan Pelayanan Publik Provinsi Sumut Kunjungi Dukcapil Dairi

Dairi, Tuntasonline.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan Tim Pembinaan dan Pemantauan Pelayanan Publik Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Sutarman untuk melakukan pemantauan dan pembinaan terkait implementasi kebijakan pelayanan publik di beberapa OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Senin (03/05/2021).

Turut hadir mendampingi Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Sutarman dalam kunjungan tersebut antara lain Kasubbag Pelayanan Publik Zaman Fahmi, Evaluator Simon Hutabarat, Wilda F. marpaung dan Anindya Carissa Lubis. Sedangkan dari Setdakab Dairi yang mendampingi rombongan Kabag Organisasi Bernad Naibaho dan Kasubbag pelayanan Publik Avent Manullang. 

Dalam sambutannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari Ruang Kerjanya di Jl. Pandu Keluharan Bintang Hulu – Sidikalang menyambut baik dan apresiasi kedatangan Tim Pembinaan dan Pemantauan Pelayanan Publik Provinsi Sumut di Dinas Dukcapil dalam melaksanakan peninjauan kesiapan Dinas Dukcapil, dimana dalam waktu dekat akan dilakukan penilaian pelaksanaan pelayanan publik oleh Kementerian PANRB.

“Sekaitan penilaian pelayanan publik yang akan dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Ombudsman dalam waktu dekat ini, Dinas Dukcapil terus melakukan pembenahan baik pelayanan maupun sarana prasarana yang harus dilengkapi. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan transparan. Apabila ada catatan-catatan terkait pelayanan yang kami berikan, kami akan berusaha memperbaiki dan melengkapi sehingga dapat mewujudkan pelayanan prima dan profesional kepada seluruh Masyarakat Dairi”, ungkap Deddy.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Sutarman mengatakan dalam waktu dekat dilakukan penilaian pelayanan publik oleh Kementerian PANRB yang lokusnya di Provinsi dan beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Selain itu, dalam waktu dekat ini juga akan dilakukan penilaian kepatuhan dan ketaatan Pelayanan Publik oleh Ombudsman, sehingga kedatangan kami untuk melakukan pembinaan dan pemantauan pelaksanaan publik di Pemerintah Kabupaten Dairi, salah satunya Dinas Dukcapil.

“Kedatangan kami ke Dinas Dukcapil Dairi untuk melihat secara langsung pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat termasuk kesiapan sarana prasarana yang sudah ada sehingga apa yang belum lengkap dapat dilengkapi untuk perbaikan dan penyempurnaan untuk memberikan standar pelayanan minimal kepada masyarakat”, ujar Sutarman.

Selanjutnya, Kabag Organisasi Setdakab Dairi Bernad Naibaho yang datang mendampingi Tim Pembinaan dan Pemantauan Pelayanan Publik Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumut menyampaikan maksud dan tujuan Tim ini untuk melakukan pembinaan dan pemantauan pelayanan publik yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Dinas Dukcapil dan Rumah Sakit Daerah Sidikalang.

“Kegiatan  yang dilakukan Tim pembinaan dan pemantau dari Provinsi Sumut adalah memantau persiapan seluruh OPD dalam penilaian dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk memperoleh gambaran kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik untuk kemudian dilakukan perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik”, tutur Bernad.

Terlihat Pejabat Dinas Dukcapil yang ikut mendampingi Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si. antara lain Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasu Pelayanan Hetty Nuriaty pardede SH, Kasubbag Perencanaan Asrina Daulay, Kasi Inovasi Pelayanan Listra Sumihar Pasaribu, SE dan Lena Simamora.
Acara berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (AFB/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size