Skip to main content
BPTP Sumut Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Kabupaten Dairi
BPTP Sumut Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Kabupaten Dairi

BPTP Sumut Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Kabupaten Dairi

Dairi, Tuntasonline.com -, Bimtek Peningkatan Kapasitas petani dalam Rangka Penderasan  Inovasi  Teknologi Balitbangtan Dimasa Pandemi menyentuh petani Kabupaten Dairi. Bimtek petani dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Dairi (25/03/2021)

Kementerian Pertanian terus menjalankan berbagai program kebijakan untuk menjamin ketersediaan pangan saat ini dan masa mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan SDM pertanian. Melalui UPT BPTP Balitbangtan Sumatera Utara melaksanakan Bimtek  Peningkatan Kapasitas Petani dalam Rangka Penderasan  Inovasi  Teknologi Balitbangtan Dimasa Pandemi

Pelaksanaan Bimtek ini untuk menggenapi  peningkatan kapasitas 500 petani di Sumatera Utara yang  sebelumnya telah dilaksanakan bimtek serupa di Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara

Turut hadir dalam bimtek Kepala Dinas Pertanian kabupaten Dairi Ir. Efendi Barutu, MM., Kepala BPTP Sumut Dr.  Khadijah EL Ramija, kabid Penyuluhan dan Pelatihan, Kabid Perkebunan,  serta penyuluh dan peneliti BPTP Sumut.  Peserta terdiri dari 100 petani yang berasal dari Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya Kadis Pertanian menyampaikan rasa syukur karena kondisi Pandemi  ini tetap dapat melaksanakan kegiatan bimbingan teknis Petani mengenai komoditas unggulan Kabupaten Dairi yaitu Kopi, bawang merah dan Jagung.  Beliau menambahkan keberhasilan pembangunan pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Dairi tidak terlepas dari kontribusi petani sebagai pelaku utama pertanian.

Acara dibuka oleh kepala BPTP Sumut . Beliau menyampaikan dengan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Dairi,  pertanian dan pariwisata bisa disinergikan menjadi Agrowisata yang dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. BPTP Sumut siap mendampingi sebagai sumber inovasi teknologi pertanian dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani serta dapat meningkatkan pendapatan petani. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber dari Peneliti BPTP Sumut. Materi yang disampaikan tentang Budidaya Kopi, Budidaya Bawang Merah dan Jagung. Petani antusias mengikuti acara terlihat dari diskusi dengan banyaknya pertanyaan dari peserta. (AFB/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size