Skip to main content
Tidak Netral Sejumlah Anggota KPPS di Tapsel Dipecat
Tidak Netral Sejumlah Anggota KPPS di Tapsel Dipecat

Tidak Netral, Sejumlah Anggota KPPS di Tapsel Dipecat

Tapsel, Tuntasonline.com - Bak istilah pepatah mencoba bermain api, akhirnya terbakar juga. Ungkapan ini serasa begitu tepat disematkan ke sejumlah petugas kelompok penyelenggara pemilihan suara (KPPS) di Kabupaten Tapsel.

Tercatat, sebanyak empat petugas KPPS yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) 2, Dusun Tanjung Baru, Desa Hutabaru, Aek Bilah, Tapanuli Selatan (Tapsel), dikenakan tindakan pemecatan karena terbukti tidak netral.

“Mereka terbukti melanggar kode etik pemilhan umum (Pemilu) sehingga diberhentikan,” jelas Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak dan Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Zulhajji Siregar kepada wartawan, Kamis (8/12/2020).

Empat orang tersebut, kata mereka, terdiri dari Tua Pandapotan (Ketua KPPS TPS), Rogantian Pasaribu dan Sarmi Tambunan (anggota) serta Saleh Dalimunthe (Petugas Ketertiban TPS 2, Dusun Tanjung Baru, Huta Baru, Aek Bilah).

Menurut Panataran, keempatnya diberhentikan seusai pihaknya menerima laporan masyarakat bahwa penyelenggara pemilu di desa tersebut menyampaikan formulir C pemberhentian KWK (surat undangan kepada pengguna hak pilih).

"Namun, pada saat penyampaian undangan itu, ada penyertaan kartu nama salah satu Paslon Pilkada Tapsel dan fotonya tersebar di sosial media. Temuan tersebut kemudian kita proses dan akhirnya diputuskan," tegasnya. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size