Skip to main content
Tok
Tokoh Semaku Dukung Rohidin-Rosjonsyah

Nyatakan Dukungan, Kata Tokoh Semaku Tentang Rohidin : Putra Daerah Berintegritas yang Punya Program Jelas dan Terukur

Bengkulu, Tuntasonline.com - Pemilihan Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu (Pilgub), Pasangan Calon Nomor Urut 2 Dr H Rohidin Mersyah dan Dr H E Rosjonsyah kian mendapat dukungan dari berbagai Tokoh Masyarakat berbagai kalangan salah satunya Tokoh dari Seluma Manna Kaur (Semaku).

Daerah Seluma Manna Kaur merupakan daerah yang didominasi masyarakat bersuku serawai, jumlah masyarakatnya menepati urutan ketiga terbanyak setelah Rejang dan Jawa diikuti Minang, Lembak, Batak, Sunda, Bugis dan lain sebagainya.

Untuk dukungan ke Pilgub Bengkulu, Rohidin-Rosjonsyah mendapatkan dukungan dari Tokoh Semaku yang cukup berpengaruh dan tidak asing bagi masyarakat di daerahnya masing-masing diantaranya :

Hermen Malik

Mantan Bupati Kaur Hermen Malik punya penilaian sendiri tentang Calon Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2 Rohidin Mersyah. Menurutnya, Rohidin adalah seorang saintis dan agamis, punya komitmen tinggi terhadap pembangunan, begitu juga dengan pelayanan publik di Provinsi Bengkulu.

Hal itu ditunjang dengan pengalaman Rohidin sebagai seorang birokrat. Sehingga menjadi modal awal yang baik dalam mengembangkan dan membangun Bengkulu, yang dalam perkembangannya sejauh ini sudah cukup bagus.

Dalam dua tahun kepemimpinannya sebagai Gubernur Bengkulu definitif, Hermen mengapresiasi kerja-kerja Rohidin. Baginya apa yang sudah dilakukan mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu sudah sangat bagus.

“Sudah sangat maju, di tangan beliau infrastruktur mulai baik dan pendidikan juga saya kira sudah cukup maju,” kata Hermen.
 

Iskandar Dayok

Iskandar Dayok merupakan Bupati Bengkulu Selatan periode 1998-2004 blak-blakan menyatakan dukungan untuk Rohidin-Rosjonsyah. Bukan tanpa alasan, pernyataan sikap dan dukungan mereka untuk Rohidin-Rosjonsyah pada Pilgub Bengkulu 2020 karena rekam jejak, pengalaman, serta prestasi cagub dan cawagub bernomor urut 2.

Iskandar Dayok mengatakan komposisi pasangan Pilgub Bengkulu nomor urut 2 Rohidin-Rosjonsyah merupakan pasangan ideal. Dari pengalaman, dukungan partai, hingga rekam jejak dan asal-usulnya.

"Pasangan yang pas, Rohidin piawai dan cerdas kemudian pak Rosjonsyah berpengalaman memimpin Lebong 2 periode. Visi misinya jelas melanjutkan cita-cita Bengkulu Maju dengan rakyatnya yang sejahtera. Basic asal usul juga menjadi kekuatan pasangan ini, komposisi yang pas. Saya dukung Rohidin-Rosjonsyah pilih nomer 2," terang Iskandar Dayok.
 

Fauzan Jamil

Fauzan Jamil merupakan Bupati Bengkulu Selatan periode 2004-2009, Fauzan Jamil menjelaskan bahwa sosok Rohidin adalah pribadi yang tegas dan berintegritas. Pertimbangan dalam mengambil kebijakan pembangunan juga sering melibatkan tokoh-tokoh masyarakat Provinsi Bengkulu. Kehati-hatian dan sikap santun tersebut menjadi ciri tersendiri sehingga dirinya tak ragu mendukung Rohidin untuk melanjutkan pembangunan.

"Penting bagi kita untuk saling menjaga dan saling mendukung untuk kebaikan. Sikap dan sistem integritas yang dibangun Rohidin, merupakan ikhtiar menjaga martabat daerah. Ini harus dilanjutkan, pemerataan pembangunan dan cara Rohidin merangkul seluruh lapisan masyarakat dari berbagai golongan, etnis maupun agama," ujarnya.

 

Reskan Effendi

Dukungan juga disampaikan Reskan Efendi. Bengkulu Selatan 2010-2015 ini memaparkan alasan menjatuhkan pilihannya dalam Pilgub Bengkulu 9 Desember mendatang. Rohidin merupakan putra daerah yang sudah membuktikan kinerjanya dalam memimpin Bengkulu. Sedangkan Rosjonsyah, merupakan putra Rejang yang telah berpengalaman sebagai Bupati Lebong dua periode.

"Kito pilih Rohidin, jemo kito nian (orang kita.red) dan memang sudah terbukti. Dulu kami membangun Bengkulu Selatan, kemudian kita mendukungnya ke provinsi. Melanjutkan kepemimpinan Bengkulu, dia bekerja baik, membawa kemajuan," ujar Reskan saat di Desa Pagar Dewa Kota Manna Bengkulu Selatan, Jumat (9/10/2020).

Alasan kedekatan emosional memang tak ia pungkiri, namun terlebih pada pengalaman dan kinerjanya yang sudah dibuktikan Rohidin dalam mengeksekusi pembangunan di daerah, dan proyek strategis nasional.

"Jemo kito nian, memang Rohidin anak dusun kito nilah, tapi dia bisa merealisasikan dan meyakinkan pemerintah pusat agar proyek strategis nasional bisa dibawa ke Bengkulu. Ada jalan tol Bengkulu Lubuklinggau, ado pengembangan Bandara yang kini dikelola Angkasa Pura," jelas Reskan, sambil menyerukan untuk memilih nomer 2, Rohidin Rosjonsyah.
 

Supratman

Mantan Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. (Purn) Supratman secara gamblang menyatakan sikap politiknya dalam Pemilihan Gubernur Bengkulu 2020. Dirinya mendukung pasangan Rohidin-Rosjonsyah lantaran visi-misinya dinilai sangat jelas dan terukur untu kemajuan Provinsi Bengkulu.

“Sekarang saya sudah bebas menyatakan sikap politik karena saya sudah pensiun. Kemudian kita punya pak Rohidin, pengalaman kerja sama dengan beliau, jelas kemajuannya. Bagaimana membangun kolaborasi antar instansi untuk kemajuan Provinsi Bengkulu, saya tentu akan membantu pak Rohidin,” terang Supratman yang akrab disapa ‘Jenderal kelahiran Bengkulu’.

Purnawirawan Polri lulusan Akpol 1987 ini memaparkan visi R2 Rohidin-Rosjonsyah soal mengembangkan kerangka kelembagaan dan instansi di daerah. Kolaborasi yang dibangun Gubernur Rohidin, menghasilkan peningkatan type Kepolisian Daerah Bengkulu, Korem 041 Garuda Emas dan juga mendorong berkembangnya instansi pendidikan di Provinsi Bengkulu. Upaya tersebut dinilai terukur, logis dan realistis untuk menyejajarkan Bengkulu dengan provinsi-provinsi maju di Sumatera bahkan di Indonesia.

“Kini kita mempunyai Polda yang sudah naik, Korem yang naik, dan institusi lain yang terus didorong untuk terus meningkat. Program yang sudah baik seperti ini, rugi kalo tidak dilanjutkan. Jadi penyataan ini sangat jelas, lanjutkan,” tegas pria dengan jabatan terakhir jenderal bintang dua ini.
 

Husni Thamrin

Sosok Husni Thamrin mungkin tidak asing lagi oleh masyarakat Kabupaten Seluma pernah menjabat sebagai Pj Bupati Seluma dan juga aktif sebagai Guru sebelum pensiun. Namun diusianya yang menginjak 67 tahun dirinya tetap aktif berkegiatan ke luar Provinsi Bengkulu untuk mengembangkan usaha walet.

Dirinya menyatakan dukungan kepada Rohidin, lantaran Bengkulu kembali menunjukan prestasi gemilang di mata nasional. Di era Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah berhasil mengangkat nama Bengkulu dengan prestasi gemilang teranyar Rohidin meraih Peringkat II Nasional Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020 satu Podium dengan Jawa Tengah di Peringkat Pertama dan Jawa Timur di posisi ketiga.

"Namun sekarang saya bisa bangga karena Gubernurnya berbeda yakni Pak Rohidin, pendidikan oke, agama excellent, pembangunan jelas bermanfaat dan mari. Stigma buruk berangsur terhapus di mata nasional, Rohidin berhasil angkat nama Bengkulu, yang buat saya terkesan ketika Rohidin mampu raih peringkat II PPD nasional yang menjadi penghargaan terbaik pertama yang diraih Bengkulu" ujarnya.

"Saya rasa ini wajar, dia orang akademisi dan punya cara pembangunan yang jelas mengembangkan komoditi seperti Sawit, Kopi dan Karet, ada juga kemaren pernah dapat penghargaan event internasional, kopi Bengkulu raih peringkat III dan dinobatkan sebagai salah satu kopi robusta terbaik dunia," sambung Husni.

 

Samsu Amanah

Politisi Golkar Kabupaten Kaur yang satu ini mungkin tak asing lagi di kalangan masyarakat Kabupaten Kaur, sebelum menjdi Waka I DPRD Provinsi Bengkulu Samsu juga pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kaur hingga terus menunjukkan eksistensinya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Kaur.

Terlepas dari hubungan emosional dan politik, Samsu menilai sosok seperti Rohidin sangat dibutuhkan dalam mendorong pembangunan Bengkulu. Dalam penilaiannya, Rohidin mempunyai poin plus diantaranya Putra Daerah berintegritas, dan sangat piawai membaca peluang mensinergikan program Stategis Nasional, Regional, dan Lokal sehingga pembangunan Bengkulu tidak hanya difokuskan pada penggunaan APBD Provinsi namun APBN dan CSR pun dikejar wujud keseriusannya.

"Selama ini kita melihat jelas, Pak Rohidin kita ini Putra Daerah terbaik yang punya integritas jelas. Komitmen pembangunannya ditunjukkan dengan berbagai macam upaya yang bisa kita lihat sendiri, dia mampu mensinergikan program Stategis Nasional, Regional, dan Lokal sehingga pembangunan Bengkulu tidak hanya difokuskan pada penggunaan APBD Provinsi namun APBN dan CSR pun dikejar wujud keseriusannya," ujarnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size