Skip to main content
Sanksi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang Pemprov Bengkulu dan KATR Gelar FGD ke-
Sanksi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang Pemprov Bengkulu dan KATR Gelar FGD ke-

Sanksi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang, Pemprov Bengkulu dan KATR Gelar FGD ke-3

Bengkulu, TuntasOnline.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang ke-3 mengenai Sosialisasi dan Pelaksanaan Pengenaan Sanksi atas Pelanggaran Pemanfaatan Ruang di Provinsi Bengkulu, Sabtu (29/11). 


Elvira Naim, Ketua Tim Fasilitasi Penertiban Pelanggaran Pemanfaatan Ruang mengatan, pada saat ini di Provinsi Bengkulu terdapat 28 (dua puluh delapan) titik lokasi yang tersebar di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Seluma, Kementerian Agraria dan Tata Ruang beserta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.


"Penertiban nanti akan didampingi satpol PP dan pihak kepolisian melakukan pemasangan plang peringatan di beberapa titik lokasi pelanggaran tersebut sebagai bentuk pelaksanaan penertiban pelanggaran pemanfaatan ruang," ungkapnya.


Elvi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya lanjutan dari upaya-upaya yang telah ditempuh oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang, yang diawali dengan koordinasi antara Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemenerian Agraria dan Tata Ruang dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.


"Setelah itu langsung lakukan observasi titik lokasi, yang kemudian menghasilkan kesepakatan penertiban pelanggaran pemanfaatan ruang yaitu penerapan sanksi administratif terhadap para pelanggar sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 yang telah diubah dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2020," jelasnya.


Kemudian jelas Elvi, dilanjutkan dengan dikirimkannya surat peringatan terhadap para pelanggar sebanyak tiga kali. Selanjutnya, akan dilakukan upaya penertiban sampai dengan pengembalian fungsi ruang sebagaimana mestinya.


"Setelahnya, diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu berusaha keras dan konsisten dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian pemanfataan ruang agar pemanfataan ruang di Kabupaten/Kota yang dipimpinnya menjadi lebih adil, lebih baik, lebih nyaman dan berkelanjutan," demikian Elvitra. (Panji/Rils KPUPR)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size