Skip to main content
Penyuluhan dan Sosialisasi Inspektorat Bentuk Generasi Anti Korupsi dan Pungli
Penyuluhan dan Sosialisasi Inspektorat Bentuk Generasi Anti Korupsi dan Pungli

Penyuluhan dan Sosialisasi, Inspektorat Bentuk Generasi Anti Korupsi dan Pungli

Bengkulu, TuntasOnline.com – Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto SE MM menilai bahwasannya upaya menumpas Pungli dan Korupsi harus dilakukan dengan upaya yang menyeluruh dan kontinu dengan melibatkan stakeholder terkait, salah satu upaya tersebut yakni dengan gerakan sosialisasi dan penyuluhan terhadap generasi penerus bangsa.

Heru menilai upaya ini salah satu yang efektif di mana Pemerintah hadir memberikan edukasi membentengi generasi agar anti terhadap Pungli maupun korupsi, generasi yang dimaksud yakni warga Negara Indonesia yang tengah mengempuh pendidikan diberbagai tingkatan pendidikan mulai jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. 

Di usia sekolah generasi sangat rentan dan aktif untuk menerima semua bentuk ilmu yang diberikan, hal ini yang menjadi sasaran yang jitu jika generasi diberikan edukasi yang menyeluruh tentang anti korupsi dan pungli. Jika edukasi ini dilakukan, maka secara bertahap segala bentuk pungli dan korupsi akan hilang secara perlahan namun pasti.

Dalam upayanya, Inspektorat menggandeng Komunitas bahkan Penyuluh Anti Korupsi yang telah dididik lembaga tertentu misalnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan juga Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

“Inspektorat provinsi Bengkulu bekerja sama dengan komunitas penyuluh anti korupsi yang telah dididik KPK terus giat melakukan penyuluhan dan juga melibatkan Tim Saber pungli provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk sadar dan menghindari perbuatan melawan hukum khususnya Pungli dan juga tindakan lainnya yg merugikan keuangan negara/daerah,” tuturnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size