Skip to main content
Kemudahan Akses E-Dumas Cara Inspektorat dan APH Dorong Partisipasi Masyarakat
Kemudahan Akses E-Dumas Cara Inspektorat dan APH Dorong Partisipasi Masyarakat

Kemudahan Akses E-Dumas, Cara Inspektorat dan APH Dorong Partisipasi Masyarakat

Bengkulu, TuntasOnline.com - Kemudahan mengakses sistem E-Dumas melalui e-ngadu.bengkuluprov.go.id merupakan salah satu upaya Inspektorat, Polda Bengkulu serta Kejati motivasi masyarakat untuk berkontribusi meminimalisir terjadinya dugaan tindak pidana korupsi.

Pasca Launching Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (E-Dumas) yang dikemas dalam e-ngadu.bengkuluprov.go.id pada 7 Juli lalu, Progress bulan kelima E-Dumas belum menerima laporan tentang dugaan tindak pidana korupsi di Institusi Pemerintahan di Provinsi Bengkulu (20/11/2020).


Diungkapkan, Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto bahwa dilaunchingnnya E-Dumas ini diharapkan mampu menumbuhkan partisipasi dan kepekaan masyarakat dalam Sinergi memberantas Korupsi. Karena tujuan awal dari E-Dumas menghadirkan sinergi dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi.


Terkait nihilnya laporan ini, Heru menegaskan pihaknya akan terus memantau Progress E-Dumas kedepan. Dirinya juga berharap masyarakat tidak usah takut dalam melakukan laporan mengingat identitas sang pelapor akan dijaga kerahasiaannya. 

T


Tidak hanya itu, jikalau dalam hasil tindaklanjut laporan tidak terbukti, maka sang pelapor tidak akan mendapatkan tekanan atau sanksi. Namun jikalau laporan yang dilaporkan terbukti adanya dugaan tindak pidana korupsi maka sang pelapor akan menerima reward.


“Update sampai saat ini masih nihil laporan, kita akan memantau Progressnya kedepan, masyarakat tidak perlu takut dalam melapor karena identitas pelapor akan kami jaga kerahasiaannya. Intinya mari kita bersinergi menumpas korupsi di Bumi Rafflesia,” ujarnya.


“Jikalau kedepan ada masuk laporan pihak kita akan segera menindaklanjuti dan upaya penerapan tindak pidana menjadi upaya terakhir dalam asesment penyelenggaraan Negara,” imbuhnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size