Skip to main content
Jaga Kesehatan dan Bantu Sesama Alasan Bupati Karo Rutin Donor Darah
Jaga Kesehatan dan Bantu Sesama Alasan Bupati Karo Rutin Donor Darah

Jaga Kesehatan dan Bantu Sesama, Alasan Bupati Karo Rutin Donor Darah

Karo, TuntasOnline.com - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH kembali mendonorkan darahnya dimasa pandemi Covid-19. Hal itu dilakukannya sebagai bagian menjaga kesahatan rutin sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Mari menjadi pejuang kemanusiaan dengan mendonorkan darah. Berpartisipasi atau mengambil bagian mendonorkan darah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,”harap Terkelin Brahmana, saat pengambilan darah dilakukan oleh dr Arjuna Wijaya SpP sebanyak 300 ml, Sabtu (21/11/2020) pukul 12.30 WIB di RSUD Kabanjahe Jalan Kapten Selamat Ketaren, Kabanjahe.

“Mari jaga kesehatan kita melalui donor darah, tubuh menjadi sehat, kemanusiaan menyentuh masyarakat, sebab kita sudah ikut menyumbangkan darah,” ujar Terkelin.

Disisi lain, donor darah bisa dilakukan secara berkelanjutan. Sistemnya secara rutin atau secara berkala. “Nah tinggal masyarakat pilih yang mana, yang penting kebugaran tubuh tetap terjaga dengan baik dan memperhatikan pola hidup yang sehat."tegas Bupati.

Sementara, Direktur RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SpP menyebutkan program donor darah secara rutin merupakan suatu program menjaga kesehatan yang baik dan benar. “Hal ini meningkatkan daya tahan tubuh, jika darah secara rutin atau berkala di donorkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arjuna menilai, pendonoran darah yang dilakukan bupati, seyogianya dapat menggugah masyarakat, salah satu menjaga kesehatan dengan cara program donor darah sekaligus sebagai kita ikut sebagai pejuang kemanusiaan.

Lanjut Arjuna menjelaskan, bahwa sebelum pengambilan darah, tim medis akan mengikuti tahapan yang perlu dicek, mulai dari tekanan darah sistolik minimal 100-170, dan tekanan darah diastolik 70-100. Kadar hemoglobin 12,5 g/dl sampai 17 g/dl, "pungkasnya(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size