Skip to main content
Calon
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2 Dr H Rohidin Mersyah dan Dr E H Rosjonsyah

Bedah Program Rohidin-Rosjonsyah : SPP Gratis Siswa SMA/SMK/SLB dan Beasiswa Bagi Mahasiswa Prestasi

Bengkulu, TuntasOnline.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2 Dr H Rohidin Mersyah dan Dr H Rosjonsyah mempunyai 18 Program yang menyentuh berbagai sektor.

Untuk diketahui, Berikut 18 Program Kerja Rohidin-Rosjonsyah :

1. Kartu Bengkulu Sejahtera yang diperuntukkan bagi masyarakat Bengkulu yang belum mendapatkan kartu Indonesia sehat maupun kartu Indonesia Pintar,
2. Pembebasan pajak kendaraan bermotor roda dua, 
3. Pemberian tunjangan daerah peningkatan uang makan dan TPP bagi ASN dan honorer Provinsi Bengkulu,
4. SPP gratis bagi siswa SMA, SMK dan SLB serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, 
5. Listrik gratis bagi rumah tangga dengan daya 450 KWH, 
6. Pemberian gas ukuran 3 kg gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah, 
7. Peningkatan kesejahteraan bagi guru TK dan PAUD se-Provinsi Bengkulu, 
8. Pembangunan stadion mini di setiap kecamatan di wilayah Provinsi Bengkulu, 
9. Peningkatan dan penyeragaman honor Imam khotib dan Bilal serta Pimpinan rumah ibadah lainnya yang dibayarkan melalui rekening Bank Bengkulu, 
10. Peningkatan dan penyeragaman penghasilan tetap Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD, 
11. Pengadaan alsintan gratis untuk petani berupa handtraktor, Cultivator, Mesin air, Power Thresher, dan Hand sprayer, 
12. Menjaga stabilisasi dan meningkatkan harga komoditas perkebunan terutama karet kopi dan sawit, 
13. Membeli dan menampung hasil produk pertanian dengan harga yang layak pada saat panen berlimpah dan harga di pasar murah dan membuat gudang di seluruh kabupaten kota se Provinsi Bengkulu, 
14. Menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani, 
15. Penurunan status kawasan hutan menjadi hutan sosial kemasyarakatan dan hutan adat untuk para petani pekebun Provinsi Bengkulu, 
16. Membangun pelabuhan perikanan, pabrik es, pemberian izin usaha dan Alat tangkap gratis, 
17. Membangun kebebasan pers perlindungan hukum dan peningkatan kompetensi wartawan, 
18. Menjaga nilai-nilai budaya dan sejarah Bengkulu serta mengembangkan industri kreatif.

Kali ini redaksi akan membedah satu persatu 18 Program Rohidin-Rosjonsyah, pada bagian ini akan mengulas Program SPP gratis bagi siswa SMA, SMK dan SLB serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

Pada program ini, Rohidin banyak termotivasi kepada perjuangan dirinya menempuh bangku pendidikan yang harus berupaya maksimal mengejar prestasi tanpa mengeluhkan sedikitpun keterbatasan keluarganya yang sederhana. Perhatian kepada dunia pendidikan ini bukan hanya dituangkan Rohidin pada program jilid II ini saja, namun sebelum menjalani cuti dan aktif sebagai Gubernur Bengkulu dirinya begitu intens melakukan pengembangan dunia pendidikan Bengkulu tanpa membedakan satu sama lain maupun melihat latar belakang almamaternya, hal ini terlihat mulai dari perhatiannya mensupport kampus-kampus di Bengkulu dari perkembangan infrastruktur, pengembangan kelembagaan, hingga pengembangan program studi. Untuk siswa SMA/SMK/SLB, Rohidin melakukan juga memberikan perhatian yang sama melalui dukungan penuh inovasi SMA/SMK/SLB hingga meringankan beban Wali Murid di masa pandemi Covid-19 lewat pemangkasan kewajiban pembayaran SPP/Uang Komite dan semacamnya untuk tingkat SMA/SMK/SLB.

Pada program Jilid 2 lanjutan ini, Rohidin memfokuskan bagaimana SPP SMA/SMK/SLB digratiskan agar mampu mendorong semangat bersekolah bagi generasi penerus Bengkulu. Rohidin meyakini melalui upaya ini, masyarakat akan merasakan kehadiran Pemerintah untuk mendorong kualitas SDM melalui dunia pendidikan. Timbal baliknya tingkat pendidikan masyarakat Bengkulu akan meningkat serta kualitas SDM di Bengkulu juga seiring meningkat dan lahirlah generasi tangguh, berdedikasi dan berwawasan luas.

Untuk beasiswa bagi Mahasiswa berprestasi, Rohidin juga memfokuskan bagi mereka anak Bengkulu yang memiliki potensi agar benar-benar mendapat wadah dan motivasi untuk mengekspresikan dirinya di dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan bagi yang menerima beasiswa ini nanti mengharumkan nama Bengkulu dengan torehan prestasi, mencetak generasi berwawasan serta menjadi generasi melahirkan inovasi-inovasi yang akan membantu segala lini di Bengkulu untuk menjadi lebih baik di masa depan. 

"Sebelum menjalani cuti, perhatian di dunia pendidikan kita memberikan perhatian intens bagi kampus-kampus di Bengkulu untuk berkembang lebih baik mulai infrastruktur, kelembagaan, serta prodi. Untuk SMA/SMK/SLB kita perhatikan betul inovasi-inovasi pengembangannya serta terbaru kita mengeluarkan Surat Edaran agar SPP/Uang Komite/semacamnya dipangkas 50% untuk meringkankan beban Wali Murid di masa Pandemi Covid-19," ujarnya.

"Di jilid II ini kita memfokuskan agar SPP untuk SMA/SMK/SLB digratiskan, ini akan memberikan dampak yang baik bagi dunia pendidikan mulai dari semangat belajar meningkat, tingkat pendidikan masyarakat meningkat, serta Bengkulu akan mencetak SDM yang berkualitas dan berwawasan lewat pendidikan yang dioptimalkan. Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, bagi mereka yang mendapatkan ini tentu akan membantu mereka mengembangkan diri. Tidak menutupkan kemungkinan mereka akan menjadi orang hebat dan mampu berkontribusi bagi pembangunan Bengkulu dikemudian hari," sambungnya.

Motivasi Rohidin menggagas program ini yakni dirinya bercerita bagaimana dirinya terlahir dari keluarga sederhana dan terus gigih menempuh pendidikan lewat peluang beasiswa demi masa depan cerah di masa depan.

"Saya ini bukan dari keluarga yang kaya atau berada, saya anak kelima dari sembilan bersaudara, kalau nggak meninggal dua saudara saya itu kami sebelas bersaudara. Ayah dan ibu saya petani dan buta huruf serta tinggal di dusun, dari sini mungkin tergambar jelas bagaimana keadaan kami. Sedari SD hingga selesai studi Doktor saya selalu berupaya meraih beasiswa dan Alhamdulillah dapat. Ini bukan bermaksud sombong, saya melakukan ini karena memang nggak ada duitlah istilahnya, waktu kuliah dulu saya dari awal masuk hingga tamat nggak pulang, hingga waktu wisuda pun ibu dan ayah saya nggak datang melihat saya dipanggil menjadi lulusan terbaik saat itu. Namun saya kuatkan diri demi masa depan yang lebih baik," ujarnya.

"Melihat perjuangan ini, saya termotivasi bagaimana mewadahi generasi Bengkulu agar lebih mudah pendidikan tanpa terkendala apapun, lewat SPP Gratis SMA/SMK/SLB dan beasiswa bagi Mahasiswa berprestasi ini saya yakin akan mampu mendorong minat belajar masyarakat Bengkulu dan terbentuklah generasi yang berkualitas, berwawasan dan berdedikasi," tutup Rohidin.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size