Skip to main content
Tertunda Karena Covid-19 Dermaga Kahyapu Dibangun Tahun Depan
Tertunda Karena Covid-19 Dermaga Kahyapu Dibangun Tahun Depan

Tertunda Karena Covid-19, Dermaga Kahyapu Dibangun Tahun Depan

Bengkulu, TuntasOnline.com - Lantaran adanya wabah Covid-19, pembangunan dermaga Kahyapu di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara sempat tertunda. Rencananya pembangunan akan dilaksanakan tahun depan. Bahkan bila terealisasi pada tahun depan, pembangunan dermaga rencananya akan ditingkatkan.


Saat di konfirmasi Kadis Perhubungan Provinsi Bengkulu, Drs. Darpinuddin mengatakan, kalau bukan karena bencana Nasional pandemi Covid-19, tahun ini pembangunan Dermaga Kahyapu yang anggarannya sekitar Rp 6,6 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah terealisasi. 


“Akhirnya ditunda, yang penundaannya dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” kata Darpinudin, Kamis (19/11).


Penundaan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) No S-247/MK.07/2020 yang dikeluarkan Menteri Keuangan (Mekeu) Republik Indonesia (RI). Diungkapkannya, rencananya tahun depan Kemenhub akan mengagendakan, mudah-mudahan bakal merealisasikan pembangunan dermaga yang terletak di Pulau Enggano, yang merupakan salah satu pulau terdepan di Indonesia.


"Jika saat ini Kemenhub telah menurunkan tim untuk kembali menyusun Detail Engineering Design (DED) dermaga, karena rencananya dalam pembangunan itu kondisi dermaga bakal ditingkatkan. Kalau DED awalnya, kapal 1.000 GT yang bisa bersandar di Dermaga Kahyapu. Tapi DED baru ini kapal 2.000 GT sudah bisa bersandar. Begitulah rencana yang akan di lakukan Kemenhub,” demikian Darpin. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size