Skip to main content
Jelang Pilkada Serentak Bupati Karo Ingatkan ASN
Jelang Pilkada Serentak Bupati Karo Ingatkan ASN

Jelang Pilkada Serentak, Bupati Karo Ingatkan ASN

Karo, TuntasOnline.com - Diminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran pemerintah daerah Kabupaten Karo ditekankan, jangan main-main dalam menjaga netralitas ASN dalam Pilkada serentak 9 Desember tahun 2020 mendatang.

Jangan percaya iming-iming dari pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karo. Jagalah netralitas ASN. Penegasan ini disampaikan oleh ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kamis (8/10/2020) di aula lantai 3 kantor Bupati Karo Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Lanjut Iriani menjelaskan, pihaknya mencurigai ada sejumlah oknum ASN yang mengabaikan netralitas dalam menyongsong Pilkada 2020. Jangan main-main dengan aturan yang berlaku. Tadi mengawali pertemuan kita ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana telah mengungkapkan hal itu, bahwa ASN harus netral dalam Pilkada 2020. Undang-undang atau peraturan mengamanahkan bahwa ASN harus netral.

“Berbeda dengan saya selaku Ketua DPRD Karo, saya menjadi ketua ditentukan oleh partai saya PDI Perjuangan. Jadi sesuai dengan aturan yang ada, ketua dewan itu dibenarkan mendukung salah satu Paslon, sesuai dengan amanah partai. Tidak sama dengan pejabat ASN atau Bupati yang sedang menjabat tidak mencalonkan diri,” katanya.

“Kalau masih saja ada oknum ASN yang tidak menunjukan netralitasnya dalam menyongsong Pilkada ini, saya pasti ungkapkan kepada teman-teman pers. Saya punya data, bahwa ada oknum-oknun ASN Pemkab Karo yang tidak benar dalam menjalankan netralitasnya. Bahkan sudah ada setahun sejumlah ASN melakukan keberpihakannya kepada salah satu Paslon. Ini pasti saya ungkapkan kepada rekan-rekan pers. Datanya ada sama saya,” tegas Iriani.

Sementara diawal sambutannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan, pihaknya sudah ada menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang netralitas ASN. Jadi aturan mengenai netralitas ASN semuanya sudah diatur dalam UU maupun PP nya didukung oleh Perbup. Meski demikian dikesempatan ini, saya kembali mengingatkan seluruh ASN di jajaran Pemkab Karo wajib netral, tidak boleh mendukung salah satu Paslon,” tegasnya.

“Terkait penanganan Covid-19 di daerah ini, kita sudah menerbitkan Perbup nomor : 46 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan(prokes) sebagai upaya pencegehan dan pengendalian Covid-19 tertanggal 22 September 2020.

Untuk itu diminta kepada seluruh komponen dan stakholder supaya mendukung upaya-upaya pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19. Mari kita bersama-sama menjalankan Protokol Kesehatan, demi memutus mata rantai wabah covid 19 ini, "tutup Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda Kabupaten Karo Drs kamperas Terkelin Purba, Waka Polres Tanah karo Kompol Hasian Panggabean, Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, ST, Danramil Berastagi Mayor Inf J Barus dan Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia serra para asisten(RT/TO

Facebook comments

Adsense Google Auto Size