Skip to main content
Pemkab Karo Diharapkan Perhatikan Keselamatan Petugas Mobil Sky Lift
Pemkab Karo Diharapkan Perhatikan Keselamatan Petugas Mobil Sky Lift

Pemkab Karo Diharapkan Perhatikan Keselamatan Petugas Mobil Sky Lift

Karo, Tuntasonline.com - Pemkab Karo selaku pengelola Penerangan Jalan Umum (PJU) diminta memperhatikan perlengkapan petugas mobil sky lift di lapangan yang resikonya cukup tinggi. Bidang pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo, supaya memenuhi standar kebutuhan perlengkapan petugas yang menggunakan mobil sky lift.

Baca Juga :  Terkait Kegiatan Keagamaan, Ketua Al Hidayah Kepahiang Apresiasi Perhatian Gubernur Rohidin

Meninggalkan anak dan istri di rumah, bertarung nyawa memperbaiki PJU yang rusak atau putus, dengan perlengkapan seadanya serta minim dari standar keselamatan kerja, sangat riskan terjadi kecelakaan yang berakibat fatal.
 
Hal itu terungkap saat petugas mobil sky lift yang enggan dipublikasikan identitasnya terlihat hanya menggunakan perlengkapan seadanya. Bertarung nyawa saat bertugas, tidak mengurangi semangatnya untuk bekerja walau tingkat resiko kecelakaan sangat tinggi.


“Mau bagaimana lagi lah Pak kalau kerja ya kerja, kalau kelengkapan kerja seadanya iya sudah, nurut saja,” sebutnya singkat kepada wartawan, Senin (14/9)di Kabanjahe.

Fungsi PJU meminimalisir potensi tindakan kriminalitas dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemakai jalan. Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah lampu yang dipasang Pemerintah Kabupaten Karo untuk kepentingan umum. PJU dipasang, dipelihara dan dibayar rekeningnya oleh Pemkab Karo sesuai kontrak yang telah disepakati dengan PLN. 

Pengelolaan PJU sepenuhnya wewenang dan tanggung jawab Pemkab Karo melalui Bidang Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Instansi tersebut mengelola PJU dari perencanaan, penambahan, perluasan, pemasangan jaringan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengawasannya. Intinya, instansi Pemkab Karo tersebut berwenang dan bertanggung jawab penuh atas PJU di sejumlah lokasi jalan.
 
Menyikapi hal tersebut Pemkab Karo melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo, Edward Pontianus Sinulingga, ST mengatakan, kebutuhan perlengkapan petugas mobil sky lift sudah dianggarkan di APBD 2020, namun karena terkena refocusing penanganan wabah covid-19 terpaksa ditunda.

Baca Juga :  Disengketakan, Akhirnya Berkas Pasangan Independen CUAN Diterima KPU
 
“Termasuk anggaran proyek fisik semua tertunda, karena prioritas kita ke penanganan Covid-19. Di APBD 2021 kita anggarkan lagi termasuk ada rencana penambahan satu unit mobil sky lift lagi yang lebih tinggi,” ungkap Edward Pontianus Sinulingga.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size