Skip to main content
Pemkot Sidimpuan Buka Lelang Jabatan 9 OPD
Pemkot Sidimpuan Buka Lelang Jabatan 9 OPD

Pemkot Sidimpuan Buka Lelang Jabatan 9 OPD

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Pemkot Padangsidimpuan secara resmi telah membuka lelang jabatan sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui pengumuman yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Baca Juga :  LKPj 2019, Walikota Padangsidimpuan Sampaikan Jawaban Terkait Pandangan Fraksi

"Pembukaan lelang jabatan itu resmi dimulai sejak hari ini (Senin 20/7/2020) hingga ditutup 7 September 2020," kata Wildan Nasution, yang juga Kaban Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, lelang jabatan ini, sebut dia, sesuai dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) nomor 52 tahun 2020 tanggal 22 April 2020.

Wildan menjelaskan, lelang jabatan kesembilan OPD yang dibuka dan dilelang tersebut meliputi Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perpustakaan, Kepala Dinas Pariwisata.

"Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Sosial, sert Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan termasuk jabatan yang dilelang," jelas Wildan sembari menyebut tujuan lelang adalah untuk penyegaran jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkungan pemkot setempat.

Pengisian JPTP di lingkungan Pemkot Padangsidimpuan sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Men PANRB nomor 15 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengisian JPTP secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

"Dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil, terbuka antar kabupaten dan kota dalam satu provinsi yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri pada seleksi terbuka dengan ketentuan yang berlaku," papar Wildan.

Dia merinci persyaratan, calon harus berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, penandatanganan fakta integritas, pernah atau sedang menduduki jabatan struktural minimal jabatan administrator atau pejabat fungsional madya selama minimal dua tahun, Memiliki kualifikasi pendidikan minimal Strata-1.

Kemudian, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun, berusia maksimal 56 tahun 0 bulan pada saat pelantikan. 

"Semua unsur dan Penilaian Prestasi Kerja PNS sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau tingkat berat," kata Wildan merinci persyaratan lainnya.

Selanjutnya, tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan tidak pernah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil.

Memiliki kompetensi manajerial pada Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari RSUD setempat, setiap calon hanya diperbolehkan mendaftar maksimal dua Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dibuka.

Tidak pernah dijatuhi pidana penjara kasus tindak pidana korupsi dan pidana umum yang dibuktikan dengan surat pernyataan calon peserta seleksi JPTP. Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi, melampirkan rekomendasi untuk mengikuti seleksi terbuka dari PPK asal bagi PNS dari luar daerah Padangsidimpuan.

Sedangkan untuk jadwal pendaftaran adalah sebagai berikut, pengumuman terbuka Senin 20 Juli 2020, pendaftaran dan penerimaan berkas peserta 21 Juli sampai 10 Agustus 2020. Serta, seleksi tahapan kesatu (Administrasi) dimulai 11 sampai 13 Agustus 2020.

Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 18 Agustus 2020. Lalu, seleksi tahapan kedua berupa penulisan makalah serta wawancara terjadwal 19 Agustus 2020 dan test wawancara 24 sampai 26 Agustus 2020. Pengumumannya adalah pada 28 Agustus 2020.

Kemudian lagi, ada seleksi tahapan ketiga yaitu assessment test di Polda Sumatera Utara pada 31 Agustus sampai 2 September 2020. Selepas assesment hasil penilaian kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Kota Padangsidimpuan akan diumumkan pada 7 September 2020.

"Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi dibuat dalam rangkap tiga, dijilid dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan," urai Kepala BKPSDM.

Baca Juga :  Selamatkan Kerugian Negara, Pemkot Apresiasi Kajari Sidimpuan

Keseluruhan berkas dimasukkan ke dalam satu amplop tertutup dan ditujukan kepada ketua panitia seleksi melalui sekretariat pada hari dan jam kerja, bertempat di kantor BKPSDM Kota Padangsidimpuan, di Jalan HT. Rijal Nurdin Pal IV Pijorkoling, Sidimpuan Tenggara.

"Perlu digarisbawahi oleh peserta, bahwasanya keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," pungkas Wildan mengakhiri penjelasannya seputar keseluruhan prasyarat maupun mekanisme lelang JPTP itu. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size