Skip to main content
Il
Ilustrasi Ist

Perangkat Desa di Seluma Diduga Berbuat Mesum

Seluma, TuntasOnline.Com - Suasana perdana di Bulan Suci Ramadhan di Desa Kota Agung, Kecamatan Seluma Timur, Kabupaten Seluma tak sedamai biasanya. Bahkan bisa dibilang ternoda oleh perbuatan diduga mesum oknum perangkat desa setempat.

Kasus tak senonoh yang menghebohkan warga itu diduga melibatkan oknum Sekdes berinisial Ha (36 tahun) dan warga desanya sendiri dan tak lain adalah istri kepala dusun berinisial Fe (28 tahun).

Peristiwa itu terungkap oleh istri Ha setelah melihat ada pesan singkat di henphon Ha. Kepada istrinya, Ha pun mengakui perbuatan mesumnya terhadap Fe.

Sumber tuntasonline.com mengatakan ulah oknum perangkat desa itu sudah menjadi perbincangan publik di Desanya. Ia mengatakan, pemerintah desa sudah terlibat memediasi masalah. Namun, pihak Fe belum memberikan keputusan sehingga mediasi belum sampai pada kesimpulan.

Rapat mediasi digelar di rumah Kepala Desa dan saat rapat Ha mengakui perbuatan yang dilakukan terhadap istri Kadus, lalu keputusan rapat, Ha dikenakan sanksi adat cuci kampung dan denda sebesar 5 juta rupiah beber sumber itu.

Menurut dia, lantaran dari pihak istri Ha belum menerima hasil mediasi, rembuk itu nyaris berujung ricuh. Bahkan pemerintah desa harus meminta bantuan aparat kepolisian untuk melerai keributan tersebut.

Ketua BPD Kota Agung Edo yang dihubungi via seluler mengakui adanya rapat mediasi terkait kasus asusila itu. Bahkan dirinya dan semua anggota BPD juga hadir karena diundang.

"Rapat itu difasilitasi lembaga adat setempat. BPD dan Pemdes hanya undangan.soal apa dan bagaimana sampai kejadian kami tidak tahu. Kami hanya melihat persoalan ini sesuai aturan tentang perangkat desa di UU Nomor 6 Tahun 2014. Jadi lebih detil ke Kades saja," saran Edo.

Di sisi lain Edo mengakui pihaknya sudah menerima tembusan surat pengunduran diri Ha dari jabatan Sekdes.

Sekretaris BMA Kabupaten Seluma Marwan mengatakan apabila ada kejadian seperti mesum maka wajib dikenakan sanksi adat cuci kampung.(Dy)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size