Skip to main content
PMI Pastikan UTD Aman dari Corona
PMI Pastikan UTD Aman dari Corona

PMI Pastikan UTD Aman dari Corona

Bengkulu, Tuntasonline.com - Terkait surat edaran untuk beraktivitas di rumah dan dilarangannya pengumpulan massa dalam jumlah banyak, dalam menyikapi penyebaran virus corona PMI Provinsi Bengkulu pastikan Unit Transfusi Darah (UTD) aman. 

Surat edaran yang berisi untuk beraktivitas di rumah dan dilarangannya pengumpulan massa dalam jumlah banyak tentunya menjadi masalah dalam proses pendonoran darah yang selama ini selalu ramai. 

Sekretaris PMI Provinsi Bengkulu, Joni Saputra mengatakan dalam pandemik virus corona ini dalam ketersediaan darah nantinya akan menimbulkan masalah

"Pemerintah telah mengeluarkan haluan surat edaran bahwa pengumpulan massa dalam jumlah banyak tidak diperbolehkan. Namun kami PMI telah menghimbau kepada masyarakat maupun lembaga pemerintah apabila ingin menyelenggarakan donor darah, agar langsung saja ke UTD PMI di RS M. Yunus. Kalau tidak bisa puluhan orang langsung maka bisa di atur untuk datang per dua orang dalam pendonoran darah, "jelas Joni. 

"Kami menjamin bahwasanya UTD PMI aman dari penyebaran virus, karena kita telah semprotkan disinfektan dan itu akan kita lakukan penyemprotan terus-menerus supaya menciptakan kenyamanan, ketenangan sehingga orang tidak takut untuk mendonorkan darahnya, " tambah Joni. 

Sebelum donor darah, pendonor pastinya akan di cek kesehatan.  Jika ditemukan orang yang dicurigai terjangkit virus corona maka tidak diperbolehkan untuk donor darah.

Joni menjelaskan, "Pada pengecekan secara umumnya petugas kita sudah tau. Pada dasarnya orang yang mengalami itu tentu akan mengalami perubahan di suhu tubuh dan tensi darah, ".

"Karena gawat juga, jika masyarakat tidak mau donor darah kasihan dengan pasien lainnya yang bukan terkena virus corona sehingga mereka nanti juga akan menjadi korban akibat virus ini. Jadi kita himbaukan kepada masyarakat agar mendonorkan darah langsung ke UTD PMI, " tutup Joni. (Med)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size