Skip to main content
Tiga Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Hadiri Munas V Adeksi
Tiga Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Hadiri Munas V Adeksi

Tiga Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Hadiri Munas V Adeksi

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Wakil Presiden RI, Prof. Dr (H.C) KH. Ma’ruf Amin secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) yang digelar di Hotel Lombok Raya, Mataram, pada Rabu (11/03/2020).

T

Munas ke V Adeksi tahun 2020 respon daerah menyambut omnibus law dengan mengangkat tema mempercepat pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia maju, ungkap Suprianto, Ketua DPRD Kota Bengkulu.

“Munas ke V Adeksi ini diikuti sebanyak 1100 anggota dari 93 DPRD kota seluruh Indonesia untuk membahas Omnibus Law, rancangan undang-undang besar yang telah diajukan pemerintah ke DPR,” jelas Suprianto.

T

Sambungnya, pertemuan Munas ke V Adeksi tahun 2020 ini menyambut respon dari setiap daerah tentang aturan baru Omnibus Law. Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bengkulu, Marliadi, menambahkan, Munas ke V Adeksi ini di masa kepengurusan yang baru memperkuat tugas dan fungsi serta peran anggota DPRD se-Indonesia.

“Dengan pengurus Adeksi yang baru akan memperjuangkan hak-hak anggota DPRD Kota se-Indonesia serta memperkuat lembaga DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat,” jelasnya.

Tidak itu saja di Munas V Adeksi ini juga mendorong presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar mencabut Perpres nomor 33 tahun 2020 mengatur tentang Standar Harga Satuan Regional. Standar harga satuan regional mencakup sejumlah hal.

“Standar harga satuan regional dirinci dalam Pasal 1 ayat 2 yang meliputi (a) satuan biaya honorarium, (b) satuan biaya perjalanan dinas dalam negeri, (c) satuan biaya rapat/pertemuan di dalam dan di luar kantor, (d) satuan pengadaan kendaraan dinas, dan (e) satuan biaya pemeliharaan,” jelasnya.

Alamsyah Wakil Ketua 2 DPRD Kota Bengkulu, juga menambahkan, Harga satuan regional digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Di Pasal 2 ayat 2 dijelaskan standar ini berfungsi sebagai batas tertinggi yang besarannya tidak dapat dilampaui dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran satuan kerja perangkat daerah, referensi penyusunan proyeksi prakiraan maju, dan bahan perhitungan pagu indikatif anggaran dan belanja daerah,” jelasnya.

T

Dalam Munas V Adeksi ini kepengurusan terpilih tahun 2020-2025 sebagai berikut: Ketua Umum Singgit Karyawan Yunianto, SH, sekretaris jenderal H Didi Sumardi, SH, Bendahara Umum Balgis Diab, S. Ag., SE., MM, Wakil ketua umum IR. H. Achmad Zulkarnain, MT, dan Wakil Bendahara Umum Elly Toisutta, S.Sos,

Diketahui yang hadir pada munas ke V Adeksi ini dihadiri oleh anggota DPRD Kota Bengkulu Suprianto, SIP ketua DPRD Kota Bengkulu, Marliadi, SE Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bengkulu dan Alamsyah, M.TPd Wakil Ketua 2 DPRD Kota Bengkulu. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size