Skip to main content
Mengenal Tanaman Hidroponik Cocok Ditanam di Perkotaan
Mengenal Tanaman Hidroponik Cocok Ditanam di Perkotaan

Mengenal Tanaman Hidroponik, Cocok Ditanam di Perkotaan

Bengkulu, Tuntasonline.com - Hidroponik merupakan salah satu inovasi dalam bidang pertanian untuk menjamin mutu gizi makanan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pemanfaatan pekarangan.

Peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu, Jhon Firison menuturkan jika budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah ini, dapat untuk pemanfaatan lahan perkantoran sebagai upaya penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat.

"Jadi tugasnya BPTP selain destiminasi inovasi juga merakit teknologi yang spesifik lokasi. Salah satu dari teknologi ini adalah tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik ini merupakan salah satu kegiatan internal BPTP Bengkulu yakni opal, Obor pangan Lestari," ungkap Jhon Firison.

Jhon menambahkan selain lebih efisien dalam penanaman, hidroponik juga dapat digunakan sebagai  sarana percontohan bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi.

"Ini merupakan pemanfaatan lahan pekarangan, yang cocok untuk tipikal perkotaan. Rumah dengan pekarangan yang kecil, perkantoran, dan tempat lain yang serupa," pungkasnya.

Dikatakannya agar berhasil melakukan penanaman secara hidroponik ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Diantarannya air cahaya nutrisi dan karbon dioksida. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size