Skip to main content
Desa Sekalak Rasakan Manfaat Program DD
Desa Sekalak Rasakan Manfaat Program DD

Desa Sekalak Rasakan Manfaat Program DD

Seluma, TuntasOnline.Com - Adanya Program Dana Desa yang langsung dikucurkan Pemerintahan Pusat dan langsung dikelola Pemerintahan Desa sangat bermanfaat sekali untuk Desa Sekalak, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma.

Plt. Kepala Desa Sekalak Egi yang menjabat kurang lebih 2 bulan saat ditemui TuntasOnline.com di menjelaskan bahwa di Desa Desa Sekalak mendapat kucuran Dana Desa sebesar 800 Juta Rupiah pada tahun 2019 ini. 

Dirinya menambahkan di Dana tersebut ada tiga kegiatan fisik yang dilakukan yaitu Pengerasan Jalan, Rabat Beton, dan Tegap Total Jembatan Gantung Menuju Desa Sekalak. Kegiatan pembangunan fisik tersebut juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Egi juga menjelaskan bahwa Desa mereka adalah Desa terisolir di Kabupaten Seluma berkat adanya dana desa yang dikucurkan akhirnya dapat membuka akses jalan menuju desa, jalan lingkungan desa dan jalan akses pertanian. Tidak hanya itu mereka baru merasa Indonesia ini sudah merdeka di tahun 2018 dikarenakan aliran listrik baru mereka rasakan pada tahun tersebut.

"Dengan adanya dana desa ini kami pemerintahan desa sekalak sangat terima kasih sekali sebab dengan program ini kami sudah banyak bangunan di desa yang terutama jalan menuju desa dan perkebunan," ujarnya. 

"Hasil pertanian kami meningkat di karenakan kami warga desa sekalak untuk mengambil hasil tani kami yaitu sebagian besar petani kopi dan karet sudah tidak sulit lagi untuk kami keluarkan," ujarnya. 

Plt Kades juga berharap kepada Pemerintahan Daerah yaitu Kabupaten Seluma supaya akses jalan ke Desa Sekalak agar bisa dibangun supaya Mereka lebih merasakan nikmatnya bahwa seluma sudah jadi Kabupaten.

"Kami sekarang memakai jalan pinjam pakai dari Kementrian Kehutanan yang langsung kepala desa kami pada tahun 2015 lansung menghadap Kementrian untuk izin pinjam pakai jalan tersebut di karnak an lokasi tersebut adalah jalan hutan produksi terbatas," tutup Egi.(Dy)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size