Skip to main content
Tampak Warga yang sedang memperbaiki tangul yang jebol bersama BPBD
Tampak Warga yang sedang memperbaiki tangul yang jebol bersama BPBD

400 Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol Bersama BPBD

Sulsel Lutra,To -   Semangat gotong royong dan partisipasi swadaya masyarakat telah terbalut erat dan sangat kuat. Ini bukan sebatas klaim tanpa bukti. Pada Kamis (22/3), di Dusun Landungdou Desa Wara’ Kecamatan Malangke Barat, sekira 400-an masyarakat bersama Pemerintah Daerah, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan kegiatan gotong royong memperbaiki tanggul yang jebol. 

Hebatnya lagi, BPBD tidak sendiri. Beberapa SKPD juga terlibat langsung di dalamnya seperti PMD, Tagana Dinsos, Perkimtan, PUPR dan para Guru di Malbar. 

Tanggul dengan lebar 6 meter dan kedalaman 3 meter yang jebol sepanjang 12 meter ini adalah tanggul lama yang membutuhkan servis kembali. 

“Kami memang fokus di tanggul lama dulu karena tanggul baru masih aman,” ujar Kepala BPBD Alauddin Sukri. 

Proses perbaikan tanggul pun berjalan lancar, meskipun kemudian akan dilanjutkan keesokan harinya. “Pekerjaan memperbaiki tanggul dengan melibatkan seluruh masyarakat desa dan beberapa SKPD adalah salah satu upaya kami dalam menggalang dan menggiatkan kembali semangat kegotongroyongan dan semangat kebersamaan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Alauddin Sukri. 

Ia menambahkan, gotong-royong dilakukan dengan melibatkan warga di tiga dusun di Desa Wara’ Kecamatan Malbar, yaitu Landungdou, Rakki Rakki, dan Urukumpang. Bahkan warga Dusun Sukamakmur Desa Lembanglembang Kecamatan Baebunta juga nampak terlihat berbaur dengan warga dusun lainnya. “Kegiatan memperbaiki tanggul adalah bagian dari upaya kita dalam menjaga aset yang ada, seperti sekolah di Landungdou yang memang langganan banjir. Kami ingin memberikan kenyamanan kepada siswa karena dalam waktu dekat akan menghadapi ujian sekolah,” terang Alauddin.
 
Masih Alauddin, apa yang dilakukan masyarakat adalah murni swadaya mereka sendiri. “Semuanya swadaya, masing-masing membawa makanan dan minuman. Kami tidak ingin merepotkan masyarakat. Untuk itu, kami juga membawa makanan dan minuman sendiri,” ungkap Alauddin sembari tak lupa memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk SKPD yang hadir, Camat Malbar, Polsek Malbar dan Babinsa. “Bahkan warga memberikan ucapan terima kasih khusus kepada pemerintah daerah dan Bupati atas kepeduliannya terhadap kegiatan seperti ini,” pungkas Alauddin.

Sementara itu, di tempat yang sama, Camat Malbar Sulpiadi, memberikan apresiasi kepada BPBD dan SKPD yang hadir, serta teristimewa kepada masyarakat yang rela membaur satu sama lainnya dalam rangka memperbaiki tanggul yang jebol. “Luar biasa partisipasi warga hari ini. Semangat gotong royong mereka tidak pernah luntur. Dan itu bisa kita buktikan hari ini. Semoga semangat seperti ini tetap awet terjaga dan tentunya harus kita lestarikan, karena di era milineal seperti saat ini, semangat gotong royong sedikit demi sedikit seperti tergerus oleh derasnya arus teknologi informasi,” tandas Sulpiadi (yustus)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size