Skip to main content
Gubsu Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Hari Raya Idulfitri 1443 H
Gubsu Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Hari Raya Idulfitri 1443 H

Gubsu Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Hari Raya Idulfitri 1443 H

Sumatera Utara,TuntasOnline.com - Idulfitri 1443 H berbeda dengan dua Idulfitri  sebelumnya, kali ini masyarakat diberi kelonggaran untuk melakukan mudik. Bukan hanya itu, cuti bersama juga diperpanjang dari 29 April hingga 6 Mei 2022

Perpanjangan cuti diperkirakan akan meningkatkan jumlah masyarakat yang mudik.

Hal ini disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi usai Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idulfitri 1443 H di Aula Tribrata Polda Sumut Jalan Sisingamangaraja, Medan Sumatera Utara.

Mudik harusnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Sumut, ujar Gubsu, Selasa (19/4)

"Banyaknya masyarakat kota yang pulang ke kampung halaman akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Orang-orang dari kota, luar provinsi akan menghabiskan uangnya di kampung," tandas Edy Rahmayadi.

Dimana, pertumbuhan ekonomi Sumut di tahun 2021 hanya mencapai 2,61% (yoy), jauh di bawah era sebelum Covid-19 (rata-rata 2015-2019 sebesar 5,16%). Di tahun 2022 Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumut di rentang 3,7%-4,5%. 

Menurut Edy Rahmayadi ini perlu mendapat perhatian khusus karena pertumbuhan ekonomi Sumut masih belum ke angka normal. Lamanya perekonomian terpuruk menurutnya bisa memicu tindakan kriminal.

Polda Sumut sendiri sudah mempersiapkan strategi pengamanan untuk Idulfitri terutama mudik. Setidaknya, Polda Sumut mempersiapkan 104 pos pengamanan yang tersebar di seluruh Sumut. 

Bukan hanya pos pengamanan, Polri juga menyiapkan pos pelayanan untuk masyarakat yang mudik. Fasilitas di pos pelayanan seperti bengkel, tempat istirahat termasuk pijat dan vaksinasi yang semuanya bisa didapatkan secara gratis.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size