Skip to main content
Waka DPRD dan Kabid PSPK Dinsos Karo Pantau Penyaluran Beras PPKM
Waka DPRD dan Kabid PSPK Dinsos Karo Pantau Penyaluran Beras PPKM

Waka DPRD dan Kabid PSPK Dinsos Karo Pantau Penyaluran Beras PPKM

Karo,TuntasOnline.com - Wakil Ketua DPRD Karo, Sadarta Bukit, SE turut memantau kegiatan penyaluran Bantuan Beras (BB) PPKM.

Selain bantuan BB juga penyaluran BST dan PKH berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu selama Dua Bulan, Rabu (28/7/2021) siang di PT Pos Indonesia Cabang Kabanjahe.

Wakil Ketua DPRD bersama Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Karo, Risma A Pelawi disambut oleh Kepala PT Pos Indonesia wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharad  Cabang Kabanjahe, Yori Gosandi didampingi Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM dan BLT Tangkas Ferdinand Ginting.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karo mengatakan, bahwa melaksanakan tugas yang sangat mulia, yaitu penyaluran bantuan beras dari pemerintah bagi KPM PKH dan BST yang terdampak PPKM Tahun 2021 di Kabupaten Karo agar kiranya dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa PPKM berlangsung dengan tepat waktu dan tepat sasaran.

"Kiranya dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa diberlakukannya PPKM, "harap Sadarta Bukit dari fraksi Gerindera ini.

Sementara, Kepala PT Pos Cabang Kabanjahe Yori Gosandi didampingi Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM Tangkas Ferdinand Ginting membeberkan jumlah KPM yang akan menerima bantuan beras 10 klg (sepuluh kilogram) per KPM.

Selain bantuan BB PPKM, juga sekaligus penyerahan dana BST sebesar Rp 600rb selama Dua Bulan, berdasarkan dari data Kementerian Sosial RI. Untuk Kabupaten Karo jumlah KPM penerima bantuan sebanyak 12,173 dari 17 Kecamatan sebagai PKH dan Penerima BST sebesar 14,550 dari jumlah total 17 Kecamatan.

“Setiap KPM akan menerima beras 10 klg, beras yang disiapkan oleh pihak Perum Bulog Karo, "Jelasnya.

Sesuai mekanisme dalam penyaluran bantuan ini disalurkan oleh PT Pos (transporter) yang langsung mengambil dari gudang Bulog dan menyalurkan langsung ke masyarakat.

Menimpali dari Kepala Pos Kabanjahe, Tangkas Ginting selaku Ketua Satgas Penyaluran Bantuan mengatakan pendistribusian bantuan akan diserahkan langsung kemasyarakat, baik itu siang atau pun malam hari, agar mempercepat program bantuan ini dengan tepat waktu dan tetap sasaran 

“Kita akan berkordinasi dengan pihak Pemda dan Bulog setempat serta akan bekerja sama dengan perangkat desa untuk penyerahannya,” ujarnya

Terkaiit penyaluran dari gudang Bulog, kemudian ke transporter yang akan membagikan tepat waktu dan jumlah penerima sesuai data yang kami terima dari Dinas Sosial, " Pungkas Ketua Satgas yang diaminikan Kepala Pos Cabang Kabanjahe.

Sementara, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (PSPK) Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pemerintah dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk memperketat aktivitas masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin meluas.

Hal ini memang memberikan dampak yang sangat signifikan pada seluruh aspek. Menyikapi hal tersebut, maka pemerintah mengeluarkan program bantuan sosial beras ini yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM, PKH dan BST di seluruh indonesia agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya. 

"Kami berharap seluruh pihak dapat membantu dan mengawasi penyaluran bantuan ini agar seluruh kpm yang berhak mendapatkan bantuan beras ini. Semoga bantuan ini bisa membawa manfaat dan mendapat berkah dari alloh swt, sehingga beban masyarakat khususnya KPM, PKH dan BST yang terdampak PPKM Darurat ini bisa terbantu.

Pantauan wartawan, Penyaluran Bantuan Beras dan BST berjalan dengan Lancar dan Kondusif. Dengan tetap menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan dengan di bantu Aparat Kepolisian Polres Tanah Karo maupun Satpol-PP di Halaman Kantor Pos Cabang Kabanjahe.(RT/TO)

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size