Skip to main content
Dirut Diduga Langgar Perbup Karo Karyawan PDAM Tirta Malem Belum Terdaftar Jamsos
Dirut Diduga Langgar Perbup Karo Karyawan PDAM Tirta Malem Belum Terdaftar Jamsos

Dirut Diduga Langgar Perbup Karo, Karyawan PDAM Tirta Malem Belum Terdaftar Jamsos

Karo,TuntasOnline.com - 112 Karyawan PDAM Tirta Malem belum terdaftar dalam Jaminan Sosial Kesehatan dan Ketenagakerjaan, kinerja dari Direktur Utama pun menjadi sorotan dinilai melanggar Peraturan Bupati Karo nomor 24 tahun 2016.


Jaminan sosial (Jamsos) adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar kehidupan yang layak bagi pemberi kerja dan pekerja.

Peraturan Bupati Karo nomor 24 tahun 2016 bab IV pasal 4 ayat 1 yang menyatakan setiap pemberi kerja dan pekerja wajib ikut serta dalam kepersertaan jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan.

Namun, berbeda yang dilakukan Dirut PDAM Tirta Malem Kabanjahe yang terkesan mengabaikan peraturan Bupati Karo dan diduga mengebiri hak-hak pekerja yang selama ini bekerja tanpa ada jaminan sosial kecelakaan kerja di jajaran PDAM tersebut.

Dirut PDAM Tirta Malem Kabanjahe, Jonara Tarigan melalui selulernya, Kamis (15/7) menyampaikan, jumlah karyawannya yang bertugas di kantor dan di lapangan ada sebanyak 112 orang.

"Hingga saat ini mereka belum terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan," Pungkasnya singkat

Sementara, pengakuan dari beberapa petugas atau pekerja yang sering berada dilapangan bagian penagihan dan pemasangan penyambungan air kerumah pelanggan mengaku sering merasa khawatir apabila disaat melakukan pekerjaan mengalami kecelakaan kerja, tanpa adanya jaminan sosial kecelakaan kerja yang sewaktu-waktu bisa menimpa keselamatan pekerjaannya. (RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size