Skip to main content
Urusan Adminduk Sudah Dapat Melalui Aplikasi Parkebbas Dan E-Bip
Urusan Adminduk Sudah Dapat Melalui Aplikasi Parkebbas Dan E-Bip

Urusan Adminduk Sudah Dapat Melalui Aplikasi Parkebbas Dan E-Bip

Dairi, Tuntasonline.com - Seluruh Desa/Kelurahan se Dairi telah dapat melayani pengurusan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) warganya melalui penggunaan aplikasi perkebbas.

Ini merupakan inovasi dan terobosan yang visioner untuk menyelesaikan permasalahan dokumen adminduk yang selama dikeluhan masyarakat dan menuntaskan seluruh dokumen adminduk di Kabupaten Dairi, kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang disampaikan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam sambutan tertulisnya dihadapan seluruh Kades, Perangkat Desa dan Kader Posyandu se Kecamatan Gunung Sitember, yang bertempat di Kantor Camat Gunung Sitember, (10/06/2021).

“Hari ini merupakan kunjungan terakhir kegiatan sosialisasi Aplikasi Perkebbas dan Aplikasi e-BIP yang dilakukan secara marathon ke 15 Kecamatan se Dairi sebagai upaya untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Dairi”, ujarnya.

Aplikasi perkebbas adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang diluncurkan 1 Oktober 2020 pada HUT Kabupaten Dairi ke – 73 yang dibangun untuk dipergunakan seluruh masyarakat dairi untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan secara daring (online).

Sedangkan Elektronik Buku Induk Penduduk atau e-BIP dibangun untuk mengetahui data  penduduk yang ada disetiap desa sehingga seluruh Kepala Desa dengan mudah dan praktis mencek data seluruh warganya.

“Penggunaan aplikasi perkebbas dan e-BIP di seluruh Desa se Dairi sebagai komitmen dan keseriusan saya mewujudkan Visi dan Misi Dairi Unggul melalui digitalisasi pelayanan dokumen kependudukan sampai di desa” kata Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Ia juga menegaskan, kedepan masyarakat kita dapat leluasa mengurus seluruh dokumen adminduknya, diharapkan lebih cepat, mudah dan praktis dan diminimalisir bahkan dihilangkan percaloan yang selama ini menjadi permasalahan dimasyarakat. Masyarakat harus diberikan edukasi untuk mengurus sendiri dokumennya tanpa melalui perantaraan orang lain. Kita harus bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk menuntaskan kepemilikan dokumen adminduk seluruh Masyarakat Dairi.

Sedangkan Camat Gunung Sitember Jonatan Ginting, S.Pd dalam sambutannya menyambut gembira dan apresiasi dilaksanakannya kegiatan ini sebagai upaya menyelesaikan permasalahan adminduk yang selama ini menjadi masalah yang mendasar yang ada dimasyarakatnya khususnya dalam mengurus bantuan sosial, urusan kesehatan dan lainnya.

“Sebuah terobosan yang luar biasa dalam pengurusan dokumen adminduk di Kabupaten Dairi khususnya di Kecamatan Gunung Sitember. Dua hal perubahan yang sangat mendasar dan mencolok dalam peningkatan kualitas pelayanan adminduk yakni pertama pelayanan sudah dapat dilakukan di Kantor Camat dan kedua hadirnya aplikasi perkebbas untuk membantu seluruh kebutuhan dokumen adminduk yang ada di desa. Program ini harus benar-benar dijalankan diseluruh desa”, ucapnya. 

Ia juga meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk mendukung program ini melalui implementasikan aplikasi perkebbas dalam memberikan pelayanan adminduk kepada masyarakat di desa sehingga Dairi Unggul semakin nyata dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Kegiatan sosialisasi juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan seluruh Kades se Kecamatan Gunung Sitember terkait penggunaan aplikasi perkebbas dan eBIP.(IP/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size