Skip to main content
RIFF 2021 Istri Bupati Tampilkan Busana Tenun Khas Batu Bara
RIFF 2021 Istri Bupati Tampilkan Busana Tenun Khas Batu Bara

RIFF 2021, Istri Bupati Tampilkan Busana Tenun Khas Batu Bara

Batu Bara, Tuntasonline.com - Riau Internasional Fashion Festival 2021 merupakan evend terbesar di Sumatera dan baru pertama kali di selenggarakan di Living Word, diPekanbaru Provinsi Riau Kamis (1/4).

Kegiatan itu dibuka langsung HJ.Misnarni Syamsuar sebagai penasehat Yayasan Pesona Kreasi Riau dan Ketua Pesona Kreasi Riau Amnah Awaloeddin.

Ketua Pesona Kreasi Riau Amnah Awaloeddin mengatakan, Riau International Fashion Festival 2021  bertujuan untuk menjadikan Riau pusat fashion di Pulau Sumatera, sekaligus melestarikan budaya Melayu Riau melalui kain tenun dan batik.

Lanjutnya, sehingga tenun dan batik Riau dapat digunakan dengan bangga oleh masyarakat Riau dalam kegiatan sehari-hari serta memperkenalkan kepada daerah lain atau dunia tentang pakaian melayu.

“Selain itu, evend ini digelar untuk mempromosikan kain tenun dan batik Riau di kancah nasional dan internasional serta merangsang semangat daya saing perancang busana Riau agar tetap produktif dan kreatif sehingga mudah diterima pasar nasional maupun internasional. 

Tidak hanya itu, Amnah juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat menambah pendapatan UMKM dan pengrajin kain tenun dan batik di Riau, Tegasnya

Ditempat yang sama,  Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara, Maya Indriasari mengatakan, dalam kegiatan Fashion Festival Riau Internasional ini dirinya sengaja mengenakan pakaian khas tenun songket asal daerahnya Batu Bara.

"Ini merupakan tujuan saya untuk menampilkan kain khusus tenunan masyarakat Batu Bara serta memlerkenalkan kepada masyarakat daerah lain maupun kanca Nasional dan Internasional", Ujar Maya yang Juga Istri Bupati Batu Bara

Terlihat,Maya Indriasari yang mengenakan pakaian berbahan dasar tenun songket berwarna merah bersama hijab dan penutup mulut ini membuat penonton yang menyaksikan bertepuk tangan melihat penampilan.

Atas antusias para pengujung, dirinya mengucapkan terimakasih kepada panitia Fashion Festival Riau Internasional 2021 yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. 

Semoga kegiatan ini menjadi evend tahunan dengan harapan, kain-kain songket Indonesia khususnya Batubara semakin dikenal banyak orang,Terang maya

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batubara, Ahmadan Chair, menyebutkan, sangat mendukung penuh kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Batu Bara yang dipimpin langsung Ibu Maya Indriasari Zahir dalam ajang Fashion Festival Riau Internasional 2021 di Pekan Baru.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya digelar dan bertaraf setingkat internasional dalam rangka untuk mempromosikan dan memperkenalkan kain tenun khas Indonesia salah satunya tenunan dan batik jumput berasal dari Kabupaten Batu Bara," Ungkap Ahmadan.(Zfn/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size