Skip to main content
Masalah Peralihan Aset Pemkab Tapsel ke Pemkot Padangsidimpuan Belum Tuntas
Masalah Peralihan Aset Pemkab Tapsel ke Pemkot Padangsidimpuan Belum Tuntas

Masalah Peralihan Aset Pemkab Tapsel ke Pemkot Padangsidimpuan Belum Tuntas

Padangsidimpuan Tuntasonline.com - Dalam kurun waktu 19 tahun ke belakang, peralihan aset Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) ke Pemkot Padangsidimpuan masih terus menjadi masalah yang belum tuntas hingga sekarang.

“Padahal, UU No. 4 tahun 2001 tentang pembentukan Kota Padangsidimpuan, sudah menguatkan bahwa aset Pemkab Tapsel bisa beralih ke Pemkot Padangsidimpuan,” kata Ketua PPP Padangsidimpuan Hasan Sipahutar, Rabu (31/3).

Lanjut dia, amanah Pasal 3 menyebut, Kota Padang Sidempuan berasal dari sebagian Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri atas Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru dan Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara.

Kemudian pada Pasal 4 dengan terbentuknya Kota Padang Sidempuan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dikurangi dengan wilayah Kota Padang Sidempuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.

"Dan di Pasal 5 dengan terbentuknya Kota Padang Sidempuan, Kota Administratif Padang Sidempuan dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dihapus," imbuh mantan Anggota DPRD padangsidimpuan itu.

Ia mengemukakan, Undang Undang itu sudah sangat kuat. Sekarang ini bagaimana aset Pemkab Tapanuli Selatan yang ada di Kota Padangsidimpuan. "Ini harus selesai karena sudah 19 tahun belum tuntas hingga tahun 2021 ini," tandasnya.(RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size