Skip to main content
Akui Kekurangan Petugas Dinkes Berupaya Optimalkan Vaksinator yang Ada
Akui Kekurangan Petugas Dinkes Berupaya Optimalkan Vaksinator yang Ada

Akui Kekurangan Petugas, Dinkes Berupaya Optimalkan Vaksinator yang Ada

Bengkulu, TuntasOnline.com - Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap dua yang menjadi sasaran pelayanan publik dan lansia, serta segera menyusul masyarakat umum di Provinsi Bengkulu. Dalam hal ini dengan banyaknya vaksin yang sampai dan vaksinator yang ada, belum bisa mengcover sasaran yang ada, Jumat (19/3).


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid 19 tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik dan lansia, serta segera menyusul masyarakat umum di Provinsi Bengkulu, telah disiapkan sebanyak ribuan petugas vaksinator untuk penyuntikan vaksin.


“Terdata saat ini sudah ada sebanyak 1.120 petugas vaksinator dan diperkirakan terus bertambah seiring jumlah vaksin yang akan datang dalam jumlah banyak,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, dalam keterangannya.


Ia mengakui, dengan jumlah vaksinator telah banyak, namun diperkirakan belum mampu mengcover sasaran yang ada. Belum lagi jumlah vaksinnya juga akan terus bertambah banyak berdatangan ke Bengkulu. Kekurangan petugas vaksinator itu, belum akan melakukan rekrutmen tenaga relawan, tetapi sementara ini membagi petugas dengan jadwal pelaksanaan vaksin yang padat.


“Sejauh ini, kita belum akan merekrut relawan vaksinator, tapi memanfaatkan saja dulu tenaga petugas medis yang ada. Mengingat saat ini masih belum seluruh tenaga medis yang kita kerahkan,” ujarnya.


Disisi lain mengenai insentif petugas vaksinator, Herwan menjelaskan, akan ditanggung oleh masing-masing daerah dan dibayar dari APBD Kabupaten/Kota, yang disesuaikan dengan ruang lingkup wilayah kerjanya.


“Insentif petugas vaksinator itu, satu kali penyuntikan vaksin diberikan Rp 10 ribu. Sedangkan provinsi hanya bersifat mem-back up, karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu juga fokusnya untuk pelayanan publik langsung di lapangan,” pungkas Herwan. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size