Skip to main content
Bupati Karo Siap Terima Vaksin Pertama
Bupati Karo Siap Terima Vaksin Pertama

Bupati Karo Siap Terima Vaksin Pertama

Karo, TuntasOnline.com - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH MH menyatakan dirinya siap mensukseskan program   vaksinasi covid -19 kalau vaksin tersebut sudah tiba di Kabupaten Karo  dan  sekaligus menjadi contoh kepada masyarakat untuk mau menerima vaksin sebagai salah satu upaya pemutusan mata rantai penularan covid – 19.

Hal tersebut dikatakan Bupati Karo kepada wartawan Selasa ( 12/1). Bupati Karo menyampaikan, Pemkab Karo hingga saat ini  belum ada menerima vaksin Sinovac serta belum ada petunjuk tentang  pelaksanaan dari Prmprovsu terkait vaksinasi. Oleh karenanya, sebelum pelaksanaan vaksinasi  hal terpenting yang harus dilaksanakan oleh masyarakat dalam rangka pencegahan penularan adalah pelaksanaan program protokol kesehatan ( prokes ) secara disiplin dan harus benar-benar ditaati untuk dilaksanakan.

Dikatakan, dalam hal pelaksanaan program vaksinasi itu, ditengah masyarakat berkembang keengganan untuk  divaksin karena ada image negatip yang berkembang seolah-olah masyarakat dijadikan sebagai kelinci percobaan padahal sebenarnya bukan begitu. ” Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat nantinya adalah vaksin yang sudah bersertifikat dari MUI dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM )” katanya.

`Disebutkan, Pemkab.Karo terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat termasuk dalam penanganan penanganan pencegahan penularan covid – 19 dengan tersedianya mobil swab (laboratorium ) sehingga masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan tidak lagi harus ke Medan.

Disamping tersedianya mobil pemeriksaan swab, Pemkab Karo juga sudah menyediakan ruangan perawatan khusus bagi masyarakat yang terindikasi penularan virus di eks RSU Flora Kabanjahe. “Apabila ruangan tersebut sudah tidak mampu menampung, Pemkab.Karo akan mencari tempat lain dengan mengikat kontrak dengan hotel” 

Lanjut Bupati Karo menambahkan, kendala yang dihadapi sekarang adalah keengganan masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya  sehingga program 3T (Test, Tracing,Treatment ) sedikit terkesan kurang berhasil.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Milala Rabu (13/1) pukul 10.30 WIB kepada wartawan mengatakan bahwa, vaksin Sinovac belum tiba di Tanah Karo, menurutnya untuk tahap Pertama masih di  Medan, Binjai dan Deliserdang, paparnya.

"Untuk Kabupaten Karo kemungkinan besar pihak Provinsi mendistribusikan vaksin sinovac di bulan Februari ini. Jadi, sebelum vaksin Sinovac tiba di Karo, saya menghimbau tetap mengikuti protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," pungkas Irna singkat.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size