Skip to main content
Sebelum Vaksinasi Faskes Harus Miliki Tenaga Medis Dan Rantai Dingin
Sebelum Vaksinasi Faskes Harus Miliki Tenaga Medis Dan Rantai Dingin

Jelang Vaksinasi, Faskes Harus Miliki Tenaga Medis dan Rantai Dingin

Bengkulu, TuntasOnline.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyiapkan 352 Fasilitas Kesehatan (Fakes) untuk melayani masyarakat yang ingin di Vaksin Covid-19 (Sinovac). Dibengkulu sendiri akan di mulai pada 14 Januari 2021 yang akan datang, Selasa (12/1).


Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, sejak awal seluruh faskes itu telah berusaha untuk melaksanakan vaksinasi. Begitu juga dengan sarana dan prasarananya, pada saat ini Faskes yang dipersiapkan yaitu mulai dari rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta hingga puskesmas.


“Syarat utama faskes yang dapat melayani vaksinasi adalah mereka harus memiliki tenaga kesehatan atau vaksinator, dan memiliki rantai dingin (rantai dingin). Alat ini sangat penting untuk menjaga suhu vaksin tetap ideal, sehingga kualitasnya tetap terjaga sampai vaksinasi dilakukan," paparnya.


Herwan juga menerangkan, vaksinasi perdana pada 14 Januari nanti, di mulai dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Gubernur, Kapolda, Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu dan Ketua IKatan Dokter Indonesia (IDI). Hanya saja sebelum melaksanakan vaskinasi, mereka harus dipastikan sehat. Pasalnya, jika kondisi tidak sehat, vaksin tidak bisa diberikan.


“Vaksin diberikan dalam dua dosis. Setelah di vaksin pertama, selama 14 hari kemudian akan melaksanakan vaksinasi kedua," pungkasnya. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size