Skip to main content
Nakes Tapsel Akan Jadi yang Pertama Jalani Vaksinasi
Nakes Tapsel Akan Jadi yang Pertama Jalani Vaksinasi

Nakes Tapsel Akan Jadi yang Pertama Jalani Vaksinasi

Tapanuli Selatan, Tuntasonline.com - Tenaga Kesehatan atau nakes Tapanuli Selatan (Tapsel) akan menjadi yang pertama divaksin Covid-19. Vaksinasi tahap perdana di wilayah Sumut bakal dilaksanakan 14 Januari 2021.

"Pada dasarnya kita sudah siap. Hanya saja kita masih menunggu instruksi Pemprov Sumatera Utara (Sumut)" ungjap Kadis Kesehatan Tapsel, dr Sri Khairunisah, kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Jumlah nakes di Tapsel saat ini, kata dia, berjumlah seribuan orang. Mulai dari yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok, puskesmas, puskesmas pembantu (Pustu). Baik berstatus PNS maupun THL.

"Memang vaksinnya belum datang dan masih kita tunggu. Harapannya, vaksinasi ini nantinya dapat menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 yang telah berdampak buruk terhadap berbabagai sektor ekonomi, sosial dan lainnya," ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Satgas pencegahan Covid-19 Tapsel, Sofyan Adil menyebut, sesuai data pihaknya pertanggal 5 Januari 2021, angka terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 210 orang, dan dua diantaranya tidak berada di Tapsel.

"Alhamdulillah 198 orang sudah sembuh," kata Adil seraya menjelaskan bahwa vaksin corona tidak bisa diberikan kepada penyakit komorbid atau bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung, asma, ISPA dan lain.

Ditambahkannya, vaksinasi tidak bisa diberikan untuk penderita penyakit komorbid. Oleh karena itu, sebelum vaksinasi dilakukan, akan dilakukan skrining oleh petugas kesehatan. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size