Skip to main content
Pemkot Padangsidimpuan Harapkan Pemdes Kreatif dan Inovatif
Pemkot Padangsidimpuan Harapkan Pemdes Kreatif dan Inovatif

Pemkot Padangsidimpuan Harapkan Pemdes Kreatif dan Inovatif

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Pemkot Pangsidimpuan menginginkan pemerintah desa (pemdes) kreatif dan inovatif dalam menggali dan melihat potensi desa yang sedang dipimpin sejumlah kepala desa. 

Sebanyak 42 kepala desa di Padangsidimpuan diharapkan dapat kreatif dan inovatif melihat potensi desanya. Baik secara jangka pendek, menengah, ataupun jangka panjang.

"Semua sikap tersebut menitikberatkan ke arah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri," kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkot Padangsidimpuan, Syafaruddin Harahap, Jumat (27/11/2020).

Intinya, kepala desa dapat melihat desanya berkembang atau jalan di tempat, mau disejahterakan masyarakatnya atau tidak, mau mensukseskan program pemerintah secara keseluruhan atau tidak, itu tergantung desa.

"Inventaris potensi desa saat ini bersama BUMDes nya, kepala desa masing-masing apa yang bisa dikembangkan potensinya itu harus sejalan," ujar Syafaruddin menekankan.

Jangan nanti ada persoalan ke pihak penegak hukum dan temuan di inspektorat terhadap tidak suksesnya program kinerja desa jangan salahkan siapa-siapa. "Ingat, dana desa itu bukan milik pribadi itu milik masyarakat secara keseluruhan," imbuhnya.

Menurutnya, melalui pemerintah daerah juga sudah membangun komunikasi dengan kementerian terkait untuk melaporkan dan membawa potensi desa di Padangsidimpuan agar dapat dikembangkan lebih baik dan maju.

"Tapi tolong kepala desanya saling bersinergi," tandas Syafaruddin mengingatkan.

Sementara, Pengamat Publik Hasanuddin Es mengungkapkan, banyak potensi desa yang dapat dimanfaatkan baik potensi wisata, usaha dan ekonomi kreatif. Tapi itu tergantung kepala desa mau apa tidak bekerja keras.

"Kalau tidak mau lebih baik banyak belajar biar nanti masyarakatnya tidak menjadi musuh dikemudian harinya," ungkap Hasanuddin.

Sebagaimana mestinya pemerintah desa itu saling mengkoneksikan setiap program yang ada, jangan lagi berfikir bagaimana program fisik, sesuai arah Presiden Jokowi bagaimana peningkatan SDM masyarakatnya dan potensi desanya berkembang dan dapat mensejahterakan masyarakatnya. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size