Skip to main content
Covid-19 Bukan Penghalang Satgas Saber Pungli Pusat dan Provinsi Bengkulu Tetap Solid Tumpas Pungli
Covid-19 Bukan Penghalang Satgas Saber Pungli Pusat dan Provinsi Bengkulu Tetap Solid Tumpas Pungli

Covid-19 Bukan Penghalang, Satgas Saber Pungli Pusat dan Provinsi Bengkulu Tetap Solid Tumpas Pungli

Bengkulu, TuntasOnline.com - Satgas Saber Pungli Pusat (Kemenkopolhukam RI) menggelar Supervisi dan Monitoring terkait Bantuan Sosial Pandemi Covid-19 di Provinsi Bengkulu bertempat di Ruang Pola pada Senin (23/11/2020).

Acara ini dipandu oleh Sekretaris Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu Henny Kauri SPt MM serta dihadiri Plt Gubernur Bengkulu H Dedy Ermansyah SE, Kepala Bidang Informasi dan Data Satgas Saber Pungli Pusat Marsma TNI Oka Prawira, Pokja Pencegahan Saber Pungli Pusat Kombes Pol Adhi Satya Perkasa, Irwasda Polda Bengkulu yang juga Ketua UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu Kombes Pol Anwar Efendi, Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto SE MM, Ketua Saber Pungli Pungli se-Kabupaten/Kota, serta Kepala OPD di Ruang Lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu.

T

Plt Gubernur Bengkulu H Dedy Ermansyah SE mengapresiasi kegiatan Supervisi dan Monitoring serta berharap semua pihak dapat mengoptimalkan segala sisi dan berharap dari kegiatan ini yang hadir dalam kesempatan tersebut mendapat suatu pencerahan agar dapat bersinergi bersama menumpas Pungli.

Kepala Bidang Informasi dan Data Satgas Saber Pungli Pusat Marsma TNI Oka Prawira memaparkan bahwa titik rawan Pungutan Liar (Pungli) di antaranya :
Pengurusan Akte Kelahiran
Pendidikan 
Pengurusan Perizinan dan Sertifikat
Mencari Pekerjaan
Pengurusan Nikah
Skep jabatan
Pengurusan Surat Pensiun
Pengurusan Surat Kematian

"Saat ini memang menjadi tantangan berat kita di mana harus bertugas dan juga menjaga kesehatan. Pungli ini penyakit masyarakat dan harus kita tumpas, mengingat ini mari kita optimalkan tugas kita," tutur Oka.

Dalam laporannya, Irwasda Polda Bengkulu Kombes Pol yang juga Ketua UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu Anwar Efendi menjelaskan bahwa UPP Satgas Provinsi Bengkulu ada 10 dengan rincian :
UPP Provinsi Bengkulu
UPP Kabupaten Kaur
UPP Kabupaten Bengkulu Selatan
UPP Kabupaten Seluma
UPP Kota Bengkulu
UPP Kabupaten Bengkulu Utara/Bengkulu Tengah
UPP Kabupaten Lebong
UPP Kabupaten Kepahiang
UPP Kabupaten Rejang Lebong
UPP Kabupaten Mukomuko.

T

Selama bertugas pihaknya telah melakukan 72 kali OTT, menetapkan 114 tersangka serta berhasil mengamankan uang senilai 673 Juta rupiah.

"Meskipun di tengah pandemi dengan segala keterbatasan dan perubahan mulai anggaran, cara hingga sistem. Kami tetap berkomitmen mengoptimalkan pengawasan dan bekerja sesuai tupoksi, karena kita ingin Pungli ini kita tumpas hingga ke akar," tuturnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size