Skip to main content
Walikota Padangsidimpuan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan
Walikota Padangsidimpuan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Walikota Padangsidimpuan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pimpin upacara peringatan hari Pahlawan Nasional, di halaman kantor Walikota, Selasa (10/11/2020).

Mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Padangsidimpuan melangsungkan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selaku inspektur upacara, Walikota Irsan dalam amanatnya membacakan pidato Menteri Sosial RI menyebut, pertempuran 10 November 1945 merupakan momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa itu mengingatkan bangsa Indonesia, bahwa kemerdekaan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya diingat pada tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu. Perjuangan dan pengorbanan mereka yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa," tegas Walikota.

Apa yang dilakukan oleh para pahlawan kiranya dapat menjadi inspirasi bagi para penerus untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, kini kita berjuang dalam mengatasi segala permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, dan lain sebagainya.

"Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharap dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan maknanya," harap Irsan.

Dia menambahkan, semangat kepahlawanan harus terus menyala dan dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita dalam mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa.

Upacara ini turut dihadiri Kapolres Sidimpuan, Ketua Pengadilan Negeri (PN), mewakili Kejari, mewakili Dandim 0212/TS, Sekdakot, berikut sejumlah peserta upacara lainnya.

Atas inisiasi Kapolres AKBP Juliani Prihartini, sejumlah personel Polri menampilkan kostum sosok Pahlawan Nasional. Seperti Presiden Soekarno, Sisingamangaraja XII, Tuanku Imam Bonjol, Jenderal Soedirman. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size