Skip to main content
Iku
Ilustrasi Ist

Polda Bengkulu Bakal Tindak Distributor LPG Nakal

Bengkulu Tuntasonline.com - Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu bakal menindak distributor atau pangkalan gas LPG nakal, buntut kelangkaan LPG 3 kilogram di sejumlah wilayah di Bengkulu beberapa pekan ini, Kamis (15/10).


Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bengkulu, Kombespol Sudarno mengatakan, Penyebab kelangkaan gas LPG tertentu ini dipengaruhi atas kontrol distribusi pangkalan yang tidak sehat dan banyak yang menjual tidak sesuai harga eceran tertinggi (HET).


Dikatakan Sudarno harga jual LPG tertentu tak sesuai HET tersebut disebabkan karena adanya oknum yang melakukan penyimpangan distribusi LPG 3 kilogram untuk mendapatkan keuntungan. 


“Apabila ditemukan oknum yang terbukti melakukan praktek curang akan kami proses hukum,” kata Sudarno.


Sudarno menyebut, bagi pangkalan yang nekat menjualnya tanpa memperhatian HET akan di pidana penjara selama 2 bulan berdasar Pasal 62 Ayat (1) Jo Pasal 8 Ayat (1) huruf a UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


"Banyak pangkalan yang menjual subsidi gas 3 kilogram kepada masyarakat mampu tanpa adanya prosedur verifikasi penjualan. Alhasil itu juga menambah kalangkaan stok LPG," kata Sudarno. 

 
Kelangkaan LPG 3 kilogram tersebut disikapi pemerintah dengan melakukan operasi pasar di beberapa titik tertentu.


Disisi lain, Manajer Wilayah dan Komunikasi Pertamina se Sumatera Bagian Selatan, Dewi Sri Utami menyampaikan pada bulan ini Pertamina menambah alokasi tabung elpiji subsidi 3 kilogram lebih dari 80 ribu tabung atau 241 Metrik Ton (MT) di Provinsi Bengkulu. 

 

"Artinya di Bengkulu ini Gas LPG 3 Kg bertambah sebanyak 6 persen dibandingkan pasokan bulan September sebesar 3786 MT, menjadi 4027 MT di bulan Oktober," pungkasnya. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size