Skip to main content
Deputi : BPBD Jangan Lupa Tugas Pokoknya
Deputi : BPBD Jangan Lupa Tugas Pokoknya

Deputi : BPBD Jangan Lupa Tugas Pokoknya

Bengkulu, Tuntasonline.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui BPBD Provinsi Bengkulu bersama Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia adakan Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan siaga darurat bencana dalam peningkatan penanggulangan bencana kedaruratan bencana Provinsi Bengkulu. Acara ini diadakan di Hotel Mercure Kota Bengkulu, Kamis (15/10).


Plh Setda Prov Gotri Suprianto menceritakan letak Geografis Provinsi Bengkulu kepada Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK.


"Propinsi Bengkulu yang terletak di bagian Barat Pulau Sumatera secara geografis terletak pada 2⁰16’9’’ – 3⁰31’17’’ LS dan 101⁰1’0’’ – 103⁰41’5’’ BT dengan batas Sebelah Utara dengan propinsi Sumatera Barat Sebelah Selatan dengan Samudera Hindia dan Propinsi Lampung Sebelah Barat dengan Samudera Hindia Sebelah Timur dengan Propinsi Jambi dan Propinsi Sumatera Selatan Wilayah bagian Barat Propinsi Bengkulu yang berbatasan dengan Samudera Hindia memiliki pantai yang panjangnya ± 576 km dan wilayah bagian Timur kondisinya berbukit-bukit dengan dataran tinggi yang rentan terhadap erosi," jelasnya.


Sambung Gotri bahwa Provinsi Bengkulu ini terletak di sebelah Barat pegunungan Bukit Barisan. Luas wilayah Provinsi Bengkulu mencapai lebih kurang 1.978.870 Ha atau 19.788,7 kilometer persegi. Wilayah Provinsi Bengkulu memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung dan jaraknya lebih kurang 567 kilometer. Ditinjau dari keadaan geografisnya, Provinsi Bengkulu terletak di antara 2°16” – 03°31” LS dan 101° 01’ -103°41’  BT.


Provinsi Bengkulu di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Provinsi Lampung, di sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia dan di sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan.


Provinsi Bengkulu berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia pada garis pantai sepanjang lebih kurang 525 kilometer. Bagian Timurnya berbukit-bukit dengan dataran tinggi yang subur, sedangkan bagian Barat merupakan dataran rendah yang relatif sempit, memanjang dari Utara ke Selatan serta diselang-selangi daerah yang bergelombang.


Luas wilayah Provinsi Bengkulu adalah 19 788,7 km²,  secara administrasi pemerintahan Provinsi Bengkulu terbagi menjadi 9 Kabupaten dan 1 kota, yang terdiri dari 128 kecamatan, 172 kelurahan, dan 1.341 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 2.001.578  jiwa dengan total luas wilayah 19.919,33 km²," paparnya.


Disisi lain Dody Usodo HGS Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK mengatakan Ia selalu mengingatkan kepada BNPB jangan Terlalu terpokus pada covid-19 saja dan tugas pokok sampai terlupakan.


"Di kehidupan sekarang ini Serba tidak Normal karena Covid-19, tujuan rakor kita ini sebagai bentuk sinergitas manajemen penanggulangan bencana pusat dan daerah dalam meningkatkan penanggulangan bencana di wilayah Provinsi Bengkulu," ungkapnya.


"Satgas itu harus turun sampai kepelosok-pelosok bencana supaya masyarakat tau tugas kita," pungkasnya. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size