Skip to main content
Putusan Hasil Sidang Sengketa Pilgub Akan Diumumkan Sabtu Mendatang
Putusan Hasil Sidang Sengketa Pilgub Akan Diumumkan Sabtu Mendatang

Putusan Hasil Sidang Sengketa Pilgub Akan Diumumkan Sabtu Mendatang

Bengkulu, Tuntasonline.com - Bawaslu Provinsi Bengkulu Selasa kemarin telah melakukan sidang lanjutan gugatan sengketa Pilkada yang disampaikan bakal pasangan calon, Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi atas penetapan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Provinsi Bengkulu, Rabu (15/10).

Sidang lanjutan kemarin masih dengan agenda pembacaan kesimpulan dari pemohon dan termohon. Sementara itu, untuk pembacaan keputusan dari Bawaslu Provinsi Bengkulu sendiri diagendakan pada Sabtu (17/10) mendatang.


Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap mengatakan, pihaknya memang diberikan waktu selama 12 hari sejak gugatan tersebut diregister pada saat pendaftaran. Oleh karena itu, sebelum keputusan diambil pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Bawaslu RI di pusat. 


“Setelah koordinasi, schedule (jadwal) kita tanggal 17, hari Sabtu,” kata Parsadaan Harahap Kepada Tuntasonline.com.

Sebelumnya dijelaskan Parsa, pihaknya bersama tim hukum KPU Provinsi Bengkulu telah menyerahkan atau menyampaikan kesimpulan sesuai tahap musyawarah terbuka yang dijadwalkan oleh Bawaslu. 

"Kita sudah sampaikan kesimpulan, kita berdasarkan fakta persidangan setengah jam sebelum sidang harus menyerahkan kesimpulan itu dalam bentuk soft copy  nanti kita sahkan, disahkan kesimpulan itu harus disahkan baru kemudian satu jam setelah itu harus menyerahkan hard copy. Nah kalau tidak diserahkan diwaktu yang telah di tentukan dan sudah disampaikan dalam sidang maka kita anggap kesimpulan ini tidak akan menjadi pertimbangan kita," jelasnya.


Kembali di jelaskannya kalau sudah pembacaan kesimpulan maka akan di umumkan hasil keputusanya.


"Kalau keputusan kita sudah menyaring ini juga ada koordinasi dengan Bawaslu RI karena kita ini kan hirarki vertikal, mungkin sesudah koordinasi skedul kita itu hari Sabtu tanggal 17 Oktober nanti," sambungnya.


Jelasnya lagi kesimpulan yang telah sampaikan itu menguatkan daIiI-dalil terhadap saksi fakta terhadap ahli yang hadirkan, kami menyimpulkan itu. Dan terhadap materi gugatan sudah kita jawab, dalil dan fakta dengan ahli. 


"Intinya apapun yang jadi putusan, kita Iaksanakan sesuai dengan Undang-Undang dan kita berpedoman pada regulasi. Apapun yang kita putuskan sebelumnya itu berdasarkan regulasi," tegas Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size