Skip to main content
Pemkab Karo Terima 6 Unit Mobil Ambulans dari Kemenkes
Pemkab Karo Terima 6 Unit Mobil Ambulans dari Kemenkes

Pemkab Karo Terima 6 Unit Mobil Ambulans dari Kemenkes

Karo, TuntasOnline.com - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) serahkan 6 (enam) unit mobil ambulance kepada Pemkab Karo melalui Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Karo untuk memenuhi pelayanan tenaga medis kesehatan di 19 UPTD Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan Se- Kabupaten Karo.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Karo juga telah menerima bantuan kendaraan ambulance sebanyak 17 unit pada tahun 2019 silam dari Kemenkes RI. Dan hari ini Pemkab Karo diberikan tambahan ambulance sebanyak 6 unit lagi, Rabu (7/10) WIB di halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe. 

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Kesehatan RI, yang telah merespon kebutuhan tenaga medis kesehatan yang bekerja melayani masyarakat ditengah tengah wabah pandemi covid 19 menderpa masyarakat di Kabupaten Karo,tuturnya.

 Bupati juga menjelaskan, tujuan pemberian bantuan mobil tersebut agar pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Karo menjadi lebih maksimal, sehingga masyarakat tidak harus bersusah payah jika nantinya harus di rujuk ke RSUD milik Pemkab Karo di Kabanjahe atau rumah sakit lainnya. Dan selanjutnya bupati mencoba menghidupkan salah satu kendaraan ambulance. 

Penyerahan ambulance tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam bidang kesehatan, dimana Pemerintah Kabupaten Karo telah memprioritaskan masalah kesehatan sebagai salah satu sektor dalam mensejahterakan masyarakat, "pungkas Terkelin.

Sementara itu,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Meliala, mengatakan, Dinkes Karo telah memenuhi amanat Permenkes 43/ 2019, bahwa setiap UPTD Puskesmas memiliki satu ambulance dan satu Pusling. “Jadi saat ini, 19 UPTD Puskesmas kita sudah memiliki ambulance di 17 Kecamatan sebanyak 23 unit ambulance,” ujarnya. Namun, lanjut Irna ada beberapa Puskesmas yang mendapat dua (2) unit ambulance, mengingat faktor dan kondisi wilayah, sehingga mereka diberikan tambahan alat sarana transportasi, sebab sebelumnya kita ajukan ke Kemenkes RI sebanyak 38 unit dan masih terealisasi sebanyak 23 unit, ujarnya 

Irna juga menambahkan, bahwa enam (6) unit kendaraan ambulance tersebut akan diberikan kepada UPTD Puskesmas Juhar 1 unit, Kutabuluh 1 unit, Merdeka 2 unit, Munte 1 unit sedangkan Lau Baleng 1 unit, tutupnya.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size