Skip to main content
Antisipasi Banjir Lokal Koramil 13/Panyabungan Laksanakan Kegiatan Karya Bakti
Antisipasi Banjir Lokal Koramil 13/Panyabungan Laksanakan Kegiatan Karya Bakti

Antisipasi Banjir Lokal, Koramil 13/Panyabungan Laksanakan Kegiatan Karya Bakti

Mandailing Natal, Tuntasonline.com - Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir lokal di musim penghujan saat ini, Kodim 0212/Tapsel melalui Koramil 13/Panyabungan laksanakan kegiatan karya bakti di kawasan Panyabungan, Mandailing Natal, Rabu (7/10/2020).

Kegiatan diawali dengan apel bersama antara personel TNI dan masyarakat setempat yang dipimpin Danramil 0212-13/Pyb Kapten Inf. AK. Harahap. Selanjutnya bergerak ke titik lokasi, tepatnya Pasar Lama Kelurahan Panyabungan I dan Pasar Baru Kelurahan Sipolu-Polu.

"40 personil TNI Kodim 0212/Tapsel dibantu 50 warga Kelurahan Panyabungan bahu membahu melaksanakan pengerukan dan membersihkan sampah yang menyumbat saluran air/ drainase yang ada di bawah troator jalan," kata Danramil.

Pada saat musim penghujan seperti sekarang, menurut dia, curah hujan yang lebat berpotensi menyebabkan peningkatan debit air. Drainase pun menjadi sasaran utama penampungan dan jalur air untuk mengalir ke sungai kecil / besar.

"Nah, jika drainasenya mampet disertai volume berkurang akibat tertimbun berbagai material, maka bisa dipastikan air meluber ke jalan raya bahkan masuk ke pertokoan. Hal itulah yang kita antisipasi agar tidak terjadi," ujar Danramil.

Di waktu bersamaan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Kadis PU Effendi Pohan dan Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Madina dan meyempatkan diri meninjau kegiatan karya bakti tersebut.

"Semoga dengan adanya kegiatan pengerukan sekaligus pembersihan sampah ini akan dapat memicu kesadaran masyarakat, agar ke depan menjaga kebersihan saluran drainase dengan cara tidak membuang sampah sembarangan," harap Gubernur melalui Kadis Effendi. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size