Skip to main content
Lakukan Pembangunan Pemkab Karo Benahi Wajah Wisata Tongging
Lakukan Pembangunan Pemkab Karo Benahi Wajah Wisata Tongging

Lakukan Pembangunan, Pemkab Karo Benahi Wajah Wisata Tongging

Karo, Tuntasonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo merupakan satu dari tujuh kabupaten yang mewarisi keindahan Danau Toba. Untuk menyambut Geopark Kaldera Toba, Pemkab Karo juga tidak mau ketinggalan dengan kabupaten yang lain untuk menghiasi wajah objek wisata Tongging kawasan Danau Toba.

Baca Juga :  Berbaur di HUT TNI ke-75, Wakil Walikota Padangsidimpuan Hadiri Safari Wisata Berburu Kawal Samudera

Diketahui, bahwa pembangunan terminal dan lahan parkir dermaga (Pelabuhan-red) tahap II terus dikebut. Pembangunan tiang pancang oleh CV Ridho Pratama pada tahap pertama di tahun 2019, telah selesai. Selanjutnya, dilakukan pembangunan terminal, lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, mengatakan melalui Kepala Dinas Perhubungan(Kadishub) Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba, SH, MH kepada wartawan Kamis (24/09/2020) sore bahwa pembangunan tahap kedua Pelabuhan Tongging sedang dikerjakan pihak rekanan. Keberadaan pelabuhan Tongging Desa Tongging kecamatan Merek Kabupaten Karo nantinya akan mendorong geliat pariwisata Kabupaten Karo.

“Pembangunan dermaga Tongging atas usulan Pemkab Karo ke Kementerian Perhubungan untuk mendukung kemudahan dalam sistem penyebrangan barang dan orang serta juga sebagai dermaga pariwisata untuk mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba,” tuturnya.

Pelabuhan Tongging bagian dari 12 pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

Perlu diketahui, Pembangunan Dermaga Tongging senilai Rp 25 milyar akan menjadi icon dan daya tarik baru bagi wisatawan untuk meningkatkan animo wisatawan ke Tongging. Anggaran sekitar Rp 25 milyar dari APBN dengan konsep pembangunan modern, ramah lingkungan dan dilakukan dua tahap yakni tahun 2019 dan 2020. Pelabuhan dengan luas 10 x 40 meter di bagian danau.

“Selanjutnya, sejumlah fasilitas pendukung juga akan dibangun seperti, gedung syahbandar, kantor, areal parkir, fasilitas penataan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat,” katanya.

Baca Juga :  Hadiri Acara Ketahanan Pangan di Joring Natobang, Wawali Himbau Patuhi Prokes Covid-19

“Selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain di seputaran DTW Tongging, pembangunan pelabuhan atau dermaga Tongging ini dilakukan juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba,” tutup Gelora Fajar.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size