Skip to main content
Tidak Lengkap KPU Karo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacalon Independen
Tidak Lengkap KPU Karo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacalon Independen

Tidak Lengkap, KPU Karo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacalon Independen

Karo, Tuntasonline.com - Berkas pendaftarn Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Karo jalur Perseorangan dikembalikan oleh KPU Kabupaten Karo lantaran tidak lengkap. 

Baca Juga :  Driver Ojek Online Dukung Soerya-Iman di Pilgub Kepri

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karo 2020 -2025 dari jalur perseorangan (independen) Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba (Cuan) mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati  dan Calon Wakil Bupati ke  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Tiba di Kantor KPUD  Kabupaten Karo, Minggu (06/09/2020) pukul 20.20 WIB langsung diterima oleh 5 komisioner  KPU Karo.

Pantauan awak media, tampak terlihat, selain menyediakan live streaming, pihak KPUD Karo tetap melaksanakan prokes (protokol kesehatan), sebelum memasuki ruang pendaftaran bapaslon, harus mencuci tangan terlebih dahulu, suhu tubuh diukur, wajib memakai masker dan pelindung wajah, serta memakai kaos tangan, baru diizinkan masuk ke ruangan pendaftaran.

Usai pemeriksaan berkas dan dokumen bapaslon Yus Felesky Br Surbakti dan Paulus Sitepu yang  dinyatakan lengkap oleh komisioner KPUD Kabupaten Karo, Sekira pukul 00.34 WIB. tim penghubung Cuaca Bangun dan Agen Morgan (CUAN) Domastor Ginting dipersilahkan masuk ke ruang pendaftaran untuk menyerahkan syarat pendaftaran sebagai calon jalur perseorangan (independen) untuk diverifikasi.

Sama seperti berkas atau dokumen bapaslon yang lain,sebelum diserahkan ke Komisioner KPU Kabupaten Karo, berkas dan dokumen terlebih dahulu disemprot disinfektan.

Pemeriksaan dan penelitian dokumen persyaratan pencalonan Perseorangan selesai Senin (07/09/2020) pukul 02.00 WIB dini hari.

Dalam berita acara yang dibacakan oleh Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST menyebutkan bahwa "Pendaftaran bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba syarat kelengkapan dinyatakan lengkap, keabsahannya sah, namun dokumen persyaratan bakal pasangan calon dinyatakan tidak lengkap, maka, status kelengkapan Bapaslon dinyatakan dikembalikan,".

“Walaupun kami nyatakan berkas dan dokumen dikembalikan, Bapaslon CUAN masih diberikan waktu tiga hari untuk membawa sengketa ke Bawaslu kabupaten Karo,” Jelas Gemar.

Mendengar pendaftaran Calonnya ditolak, Domastor Ginting (53) sebagai tim penghubung Bapaslon CUAN kepada wartawan, Senen (7/9) pukul 14.30.WIB. mengatakan, berdasarkan undang undang administras nomor 30 tahun 2014 pasal 60 ayat 3 dan Hal ini mengacu di pasal 6, undang undang nomor 16 tahun 2009 tentang ketentuan umum perpajakan yang mengatakan, cap pos yang diterima itu, merupakan tanda terima. Dan tanda terima itu ada dua, salah satunya adalah, antar langsung atau cap pos (jasa bergerak). 

"Dasar itulah, tadi kami menolak menandatangani berita acara pendaftaran bapaslon kami yang dinyatakan dikembalikan oleh komisioner KPUD Karo," jelasnya.

Saat ditanyakan, terkait syarat apa yang tidak lengkap menurut KPUD Karo  sehingga berkas pendaftaran dinyatakan status "Dikembalikan" Domastor Ginting mengatakan, visi misi dan daftar tim kampanye Bapaslon CUAN.

Baca Juga :  Bupati Karo Pantau Revitalisasi Jaringan Pipa

Sempat terjadi dialog sengit antara komisioner KPUD Karo dengan tim penghubung bapaslon CUAN, namun pihak aparat keamanan dari Polres Tanah Karo langsung sigap memasuki ruang pendaftaran mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kapolres Tanah Karo, Yustinus SI, SH.SIk bersama Wakapres Kompol H. Panggabean, Kabagops Kompol D. Munthe terlihat meminpin langsung pengamanan pendaftaran di ruang Pendaftaran KPUD Karo.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size